Natal dan Tahun Baru, Tol Tangerang Uji Coba Single Line Free Flow

Gerbang tol Cikupa, Tol Tangerang-Merak
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Pengelola Tol Tangerang-Merak (Tamer) akan melakukan uji coba sistem single line free flow yang dilakukan di beberapa gerbang tol saat natal dan tahun baru mendatang.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Sistem single line free flow ini merupakan metode pembayaran masuk tol menggunakan kartu elektronik atau barcode. 

Untuk barcode, yakni kendaraan sudah ditempelkan barcode yang nantinya akan di-scan oleh kamera yang terpasang di gardu tol. Sementara, untuk kartu elektronik berfungsi layaknya Gardu Tol Otomatis (GTO).

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

"Sudah kami coba di beberapa gerbang tol seperti, Serang Barat, Serang Timur, Cikupa dan Cikande. Kami pilih tol ini karena arus lalu lintasnya tidak padat seperti yang lainnya," kata Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono di Tangerang, Senin, 17 Desember 2018.

Uji coba yang dilakukan sejak September 2018 ini masih dalam tahap evaluasi lantaran memiliki beberapa kendala. Di antaranya, payung hukum sistem tersebut serta perangkat pendukung.

Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Malam Ini

"Kami masih terus evaluasi dan kaji, belum tahu diterapkan kapan. Uji coba ini juga dilakukan saat natal dan tahun baru. Jadi, kami bisa tahu bagaimana sistem ini berjalan saat peak season ataupun hari biasa," ujarnya. 

Saat ini, dia menyebutkan, kendala yang masih dihadapi yakni, pemisahan data kendaraan yang menggunakan barcode dan kartu elektronik. "Maka dari itu, masih terus dievaluasi, khususnya untuk alatnya tapi sejauh ini sistem itu dominan dipakai oleh yang pemegang kartu elektronik," katanya.

Truk jalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

PT Jasa Marga Semarang-Batang membenarkan insiden truk yang berjalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta pada Kamis pagi, sekira pukul 08.00 Wib

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024