Mendagri Sebut Anies Sudah Izin Hadiri Konferensi Gerindra

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur DKI Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan, Anies sudah meminta izin untuk menghadiri konferensi nasional Partai Gerindra di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Senin lalu, 17 Desember 2018. 

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

Menurut Tjahjo, hal yang terpenting adalah Anies sudah mengantongi izin dari Kemendagri.

"Yang penting, Pak Anies sudah meminta izin kepada Kemendagri, untuk menghadiri acara itu," ucap Tjahjo Kumolo di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu 19 Desember 2018.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Ia juga mengatakan, memang menjadi kewajiban kepala daerah meminta izin kepada Kemendagri, jika ingin menghadiri acara partai politik, timses, atau capres dan cawapres. 

Sedangkan, terkait dugaan Anies kampanye saat acara tersebut, Tjahjo menyatakan persoalan itu bukan hak Kemendagri untuk menegurnya. Karena, yang memiliki wewenang tersebut adalah Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

"Soal karena pose dua jari itu bukan saya, itu adalah kewenangan Bawaslu. Semua kepala daerah yang mengajukan izin kampanye yang menghadiri acara partai politik atau tim sukses capres dan cawapres, partai harus mengajukan izin," kata Anies. (asp)

Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Politisi senior Partai Golkar, Jusuf Kalla (JK) mengaku tak mau ambil pusing soal wacana Anies Baswedan yang ingin kembali maju di Pilgub Jakarta

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024