Mendagri Sebut Anies Sudah Izin Hadiri Konferensi Gerindra

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur DKI Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan, Anies sudah meminta izin untuk menghadiri konferensi nasional Partai Gerindra di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Senin lalu, 17 Desember 2018. 

Nama Anies Baswedan Mencuat Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024, PKS Siap Usung Lagi?

Menurut Tjahjo, hal yang terpenting adalah Anies sudah mengantongi izin dari Kemendagri.

"Yang penting, Pak Anies sudah meminta izin kepada Kemendagri, untuk menghadiri acara itu," ucap Tjahjo Kumolo di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu 19 Desember 2018.

Koalisi Anies Ancang-ancang Bersatu Lagi di Pilgub DKI, Pakar: Ada Rasionalitas Politik

Ia juga mengatakan, memang menjadi kewajiban kepala daerah meminta izin kepada Kemendagri, jika ingin menghadiri acara partai politik, timses, atau capres dan cawapres. 

Sedangkan, terkait dugaan Anies kampanye saat acara tersebut, Tjahjo menyatakan persoalan itu bukan hak Kemendagri untuk menegurnya. Karena, yang memiliki wewenang tersebut adalah Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

Pakar: Kalau Keajaiban Pilpres Tak Terjadi, Anies akan Jadi Prioritas di Pilgub DKI

"Soal karena pose dua jari itu bukan saya, itu adalah kewenangan Bawaslu. Semua kepala daerah yang mengajukan izin kampanye yang menghadiri acara partai politik atau tim sukses capres dan cawapres, partai harus mengajukan izin," kata Anies. (asp)

Paspampres saat kawal Presiden Jokowi

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan, Pekerjaan Pengemudi Xpander yang Tabrak Porsche

Simak deretan artikel terpopuler di kanal News VIVA sepanjang Senin kemarin. Salah satu artikel terkait penjelasan Asintel Paspampres, Kolonel Kav Herman.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024