Libur Natal dan Tahun Baru, Volume Kendaraan di Tol Cikarang Meningkat

Ilustrasi gerbang Tol Cikarang Utama saat satu arah dari Tol Cipali.
Sumber :
  • CCTV PT Jasa Marga.

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andir memantau arus kendaraan jelang libur Natal dan Tahun Baru di gerbang tol Cikarang Utama (Cikarut), Jawa Barat. Dalam pantauannya, ia menyebut kepadatan kendaraan di gerbang tol Cikarut sudah mulai terlihat.

Crowd Free Night Jakarta Diterapkan pada 11 Lokasi, Ini Rinciannya

Ia pun memprediksi peningkatan volume kendaraan akan terjadi pada hari ini dan Sabtu, 22 Desember 2018. Ia memprediksi sekitar 85-90 ribu kendaraan akan melewati ruas gerbang tol Cikarang Utama. Angka ini meningkat dari rata-rata volume sebesar 60 ribu kendaraan.

"Hari ini mulai 06.00 WIB sampai jelang 18.00 WIB ini jumlah kendaraan sudah di atas 45 ribu. Estimasi kita untuk tanggal 21 (Desember) ini kira-kira di atas 85 ribu, tapi tidak sampai 90 ribu. itu perkiraan kita," kata Refdi di gerbang tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Jumat, 21 Desember 2018.

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Namun, ia memprediksi selepas gerbang Tol Cikarut, tak semua kendaraan mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebanyak 30 persen kendaraan diprediksi mengarah ke Kota Bandung, Jawa Barat. Sedangkan lainnya bepergian ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

"Berdasarkan pencermatan dan analisa tahun lalu mereka juga sebagian bergerak ke Bandung, karena memang bertepatan dengan libur panjang. Mereka bukan semata-mata silaturahmi ke kampung halaman tapi juga ada yang cari tempat liburan dan berlibur di satu tempat," ujarnya.

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

Refdi mengharapkan masyarakat tak menjadikan jalan tol sebagai akses satu-satu jalan dalam menuju tempat wisata dan mudik saat libur perayaan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Kami harapkan, tol bukan satu-satunya pilihan untuk melakukan pergerakan ketika kita mudik, demikian juga saat balik," kata Refdi.

Ia pun menyebut akses lain yang bisa dilalui pengendara yaitu jalur pantai utara (pantura), jalur tengah dan jalur selatan. Ia mengakui memang jalur di luar jalan tol akan ada mix traffic lantaran dilewati juga oleh pengendara roda dua. (hd)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya