Terminal Pondok Cabe Diresmikan, Bus ke Bandara Soetta Beroperasi

Terminal Pondok Cabe resmi beroperasi.
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.co.id

VIVA – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono telah meresmikan pengoperasian Terminal Tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 31 Desember 2018.

Larangan Mudik, Dishub Kota Tangerang Cek Penumpang di Terminal Poris

"Hari ini istimewa karena dioperasikan di penghujung tahun, sehingga 2019 terminal bisa beroperasi optimal maksimal," kata Bambang di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. 

Ia menjelaskan, dengan dioperasikan Terminal Pondok Cabe ini layanan angkutan umum massal bagi masyarakat bisa lebih maksimal.

Pengetatan Mudik, Penumpang Bus di Lebak Bulus Wajib Tes Antigen

"Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mendekatkan layanan angkutan umum massal supaya masyarakat mudah dalam mengaksesnya," ujarnya.

Dengan adanya terminal ini maka Bambang mengharapkan, menumbuhkan minat masyarakat untuk mau beralih dari kendaraan pribadi ke angkatan umum massal.

Pemudik jadi Sasaran Swab Antigen di Terminal Kampung Jokowi

"Berikutnya adalah ini kesempatan pemerintah untuk hadir dan mengubah lifestyle orang bepergian selama ini orang bepergian menggunakan mobil pribadi, tapi ke depan angkutan umum jadi andalan," ujarnya. 

Dia menuturkan, bahwa di terminal itu tersedia angkutan bus Damri yang siap melayani masyarakat yang hendak bepergian menuju Bandara Soekarno-Hatta. 

"Masyarakat Tangerang Selatan kini tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi jika ingin bepergian melalui Bandara Soekarno-Hatta. Karena sudah ada 8 unit armada bus JA Connexion dengan operator Damri yang melayani dari Terminal Pondok Cabe," ujarnya. 

Selain itu, Terminal Pondok Cabe menyediakan 30 PO bus antar kota antar provinsi yang siap melayani masyarakat hendak bepergian menuju kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kemudian, di terminal ini ada 5 armada bus dengan operator PPD yang siap melayani warga dari Terminal Pondok Cabe menuju Pasar Senen, Tanah Abang, dengan layanan Transjabodetabek premium. 

Kemudian, terdapat layanan Transjabodetabek reguler dengan rute Pondok Cabe – Senen sebanyak 10 unit armada bus, rute Terminal Pondok Cabe – Kampung Rambutan sebanyak 10 unit armada bus, Terminal Pondok Cabe – Tosari atau Bundaran Hotel Indonesia 20 unit armada bus. 

Sedangkan, Pondok Cabe - Kuningan Jakarta Selatan disediakan 10 unit bus. Untuk Transjabodetabek reguler dengan operator Mayasari Bakti akan melayani Pondok Cabe menuju Bekasi, Ciawi, dan Cikarang dengan armada masing-masing 5 unit bus. 

Terminal Pondok Cabe sendiri memiliki luas keseluruhan mencapai kurang lebih 25.995 meter persegi. Terdiri dari bangunan utama seluas 2.500 m2, terminal angkutan dalam kota seluas 1.125 m2, terminal bus antar kota dengan luas 2.500 m2 ditambah 2.870 m2 serta 1.800 m2. (el)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya