Jelang Malam Tahun Baru, Pedagang Suvenir Monas Raup Untung Besar

Suasana kawasan Lenggang Jakarta di Kawasan Monas, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rifki Arsilan

VIVA – Perayaan malam tahun baru di kawasan Monumen Nasional atau Monas membawa faedah dan keuntungan bagi para penjual suvenir yang berjualan di pasar Lenggang Jakarta, Monas.

Kemendag Gelar Operasi Pasar 10 Ton Minyak Goreng di Surabaya

Sutrisno (41 tahun) menyatakan, sejak Senin pagi toko suvenir miliknya diserbu ribuan pengunjung yang ingin menghabiskan malam tahun baru di salah satu icon Ibu Kota Jakarta itu. 

Pria asal Pati, Jawa Tengah itu mengaku, sejak libur Natal dan Tahun Baru 2019 kali ini, jumlah pembeli di toko suvenir miliknya itu meningkat drastis.

Usai Menghilang dari Pasar 3 Hari, Siap-siap Harga Tempe Tahu Naik 20%

"Alhamdulillah liburan Natal dan Tahun Baru kali ini pengunjung ramai. Apalagi hari ini, Alhamdulillah lah," kata Sutrisno kepada VIVA di Monas, Jakarta Pusat,  Senin, 31 Desember 2018.

Hal senada dialami Rasmi. Ibu dua anak asal Jawa Timur itu mengaku pada akhir tahun ini pendapatannya meningkat dua kali lipat dibandingkan hari libur biasa. 

Mau Relokasi Pasar Rembang, PPP Bakal Panggil Bupati Abdul Hafidz

Menurut Rasmi, perayaan pesta malam tahun baru yang nantinya akan diisi oleh sejumlah artis ternama Ibu Kota, seperti Rhoma Irama itu akan membawa keberkahan untuk dirinya dan para pedagang di kawasan Monas lainnya. 

"Karena kan biasanya ramai yang datang ke sini tahun baru nanti. Dan sekarang kan sudah enggak ada lagi yang jualan di dalam. Semuanya di sini semua (dagangnya)," kata Rasmi. 

Di tempat terpisah, Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas Munjirin menyatakan, selama perayaan malam tahun baru nanti, semua pedagang tidak diperkenankan menjajakan dagangannya di dalam kawasan Monas. 

Hal itu dikarenakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memfasilitasi para pedagang, baik penjual makanan dan minuman, serta suvenir untuk berjualan di area Lenggang Jakarta.

"Para pedagang memang tidak boleh masuk kawasan Monas. Semua kita pusatkan di Lenggang Jakarta. Pamdal (petugas keamanan) kita akan berkeliling memastikan tidak ada pedagang masuk ke dalam, jadi semuanya biar berjalan tertib," kata Munjirin.

Ia pun mengimbau kepada seluruh pengunjung Monas yang ingin merayakan malam tahun baru di kawasan Monas bersama keluarga, agar dapat menjaga ketertiban, kebersihan, serta kenyamanan para pengunjung Monumen Nasional. 

"Misalnya pengunjung yang membawa keluarganya yang membawa makanan, kalau bisa makanannya itu dibawa di tempat yang tidak langsung buang. Minumannya juga begitu, agar tidak meninggalkan sampah di Monas. Dan para pedagang juga saya minta untuk menjaga kenyamanan pengunjung Monas dengan tidak berjualan di dalam kawasan Monas," kata Munjirin. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya