Pemprov DKI Janji Bantu Korban Kebakaran di Tambora

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah meninjau kebakaran di Tambora
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, meninjau kondisi pascakebakaran kemarin di Jalan Tambora Raya, Jakarta Barat.

Gedung Cyber 1 Kebakaran, Ada Korban yang Terjebak Api

Setelah meninjau, Saefullah menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas peristiwa kebakaran tersebut yang menghabiskan 37 rumah dan jumlah korban terdampak sebanyak 170 jiwa. 

Pemprov DKI juga berkomitmen bergerak cepat dalam memberikan bantuan logistik hingga pengurusan dokumen kependudukan.

Damkar: Seminggu Bisa 2 Kali Kebakaran di Jakarta Barat

"Petugas kami dari jajaran Pemprov DKI Jakarta, baik yang ada di kelurahan, kecamatan, wali kota, termasuk suku dinas terkait, seperti Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Sudin Sosial, BPBD, PMI, juga Karang Taruna dan Tagana, mulai dari tadi malam sudah ikut bersama penanganan kebakaran,” ucap Saefullah, Jumat, 4 Januari 2019.

Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan kebutuhan logistik berupa makanan untuk pagi, siang, dan malam hingga tujuh hari ke depan. Selain itu, petugas PPSU telah dikerahkan untuk membantu warga membersihkan puing-puing sisa kebakaran dan menyiapkan pembangunan rumah kembali.

Toko Material di Palmerah Kebakaran, 13 Damkar Dikerahkan

"Jadi, akan ada kerja bakti, mulai nanti sore sudah bisa kerja. Besok Sabtu-Minggu puing-puing diangkat dulu,” katanya.

Selain itu, untuk pengurusan dokumen administrasi yang terbakar, Pemprov DKI melalui RT, RW, hingga Lurah akan mempermudah untuk pengurusan kembali, termasuk hari Senin besok adalah hari pertama sekolah. “Kami pastikan pakaian seragam yang terkena kebakaran, bisa kami ganti," katanya.

Diketahui, terdapat tiga RT di RW 004 yang terdampak kebakaran pada Kamis 3 Januari 2019, yaitu RT 004 sembilan KK atau 34 jiwa,  RT 005 17 KK atau 51 jiwa, dan RT 007 25 KK atau 85 jiwa. Adapun jumlah rumah yang terdampak sebanyak 6 rumah, dan penghuni rumah kontrakan yang menjadi korban kebakaran sebanyak 87 jiwa. (hty)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya