Ubah Kebiasaan Warga DKI, Anies Siapkan Sanksi Penggunaan Plastik

Ilustrasi sampah plastik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mempersiapkan peraturan gubernur, tentang larangan penggunaan plastik di Jakarta. Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan sampah plastik terbesar di dunia, salah satunya disumbang oleh DKI Jakarta.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Pergub tersebut kini tengah direvisi oleh Dinas Lingkungan Hidup. Anies juga tengah menyiapkan sanksi untuk pelanggar yang masih menggunakan plastik.

"Kalau sudah ada peraturannya berarti harus ada sanksinya. Ini konsekuensi bukan anjuran, aturan yang dibuat Pemprov DKI jangan isinya seperti anjuran," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Januari 2019.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Menurut Anies, jika peraturan tersebut sekadar menganjurkan larangan pemakaian kantong plastik, masih akan banyak warga dan pengusaha ritel yang menggunakannya. 

Anies juga sedang menyiapkan sanksi yang dapat mengubah perilaku warganya, dan dapat diterapkan secara permanen. 

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

"Sanksi itu harus masuk akal, yang bisa mengubah perilaku. Kalau sanksi hanya bikin headline saja, lalu habis itu tidak digunakan buat apa? Jadi saya tidak mau peraturan yang dikeluarkan pemprov tidak bisa diterapkan, harus didetailkan, jangan setengah," tutur Anies. (art)
 

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies menyebut peluangnya di Pilgub Jakarta terbuka asal mendapat dukungan dari masyarakat dan parpol, karena baru menjabat satu periode di Jakarta. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024