Sidak Sumur Tanah, Anies: Kejar-kejaran bak Tom and Jerry

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dinia Adrianjara

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan melakukan inspeksi mendadak atau sidak terhadap sumur resapan air tanah di gedung-gedung tinggi di Jakarta. 

Nama Anies Baswedan Mencuat Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024, PKS Siap Usung Lagi?

Ia mengatakan, sidak tersebut akan dilakukan dengan menggunakan alat yang canggih. "Sidak dilanjutkan dan akan digunakan alat ukur baru. Sidak ini penting dilakukan, untuk mencegah turunnya tanah," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 16 Januari 2019. 

Anies menjelaskan, alat ukur baru tersebut menggunakan teknologi canggih, agar memudahkan pengukuran sedotan air tanah.

Koalisi Anies Ancang-ancang Bersatu Lagi di Pilgub DKI, Pakar: Ada Rasionalitas Politik

Menurut Anies, untuk memulai sidak ini, ia merasa seperti sedang bermain kejar-kejaran. "Ini salah satu yang akan kami terapkan di 2019, teknologi baru yang akan mengukur penggunaan air di gedung-gedung. Hari ini, kami seperti Tom and Jerry, jadi main kejar-kejaran carinya," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies mengatakan, penurunan permukaan tanah di Jakarta, merupakan salah satu masalah lintas generasi yang harus ditangani secara serius dan jangka panjang.

Pakar: Kalau Keajaiban Pilpres Tak Terjadi, Anies akan Jadi Prioritas di Pilgub DKI

Proyek Promosi Penanggulangan Penurunan Tanah ini dikerjakan bersama oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat, seperti Kementerian PUPR dan ESDM dengan menggandeng Pemerintah Jepang yang difasilitasi oleh Japan International Cooperation Agency (JICA).

Menurut Anies, proyek ini merupakan pekerjaan lintas badan. Dia mengapresiasi kehadiran JICA yang terlibat langsung dalam proyek ini. "Karena, JICA bukan saja datang dengan bantuan teknologi dan sumber daya, tetapi juga memiliki pengalaman praktis di dalam menyelesaikan masalah penurunan permukaan tanah di Tokyo,” ujar Anies. (asp)

Paspampres saat kawal Presiden Jokowi

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan, Pekerjaan Pengemudi Xpander yang Tabrak Porsche

Simak deretan artikel terpopuler di kanal News VIVA sepanjang Senin kemarin. Salah satu artikel terkait penjelasan Asintel Paspampres, Kolonel Kav Herman.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024