Pekerja Daur Ulang Tewas Tergiling hingga Lumat

Ilustrasi garis polisi
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad A.R.

VIVA – Seorang pekerja daur ulang plastik tewas mengenaskan di tempatnya bekerja di PD Laju Mandiri, Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Korban tewas dengan tubuh tergiling hingga lumat dan hanya menyisakan bagian kaki.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Polisi menyatakan bahwa korban bernama Sariman, berusia 35 tahun. Dia sehari-hari bekerja sebagai pekerja daur ulang sampah plastik. Namun kecelakaan kerja itu itu bukan berada di dalam pabrik, melainkan di bedeng yang biasanya menampung limbah plastik untuk didaur ulang.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 17 Januari 2019. Awalnya, rekan-rekan korban curiga, lantaran sudah tidak mendengar mesin giling. Sebab, biasanya mesin itu bersuara bising ketika dioperasikan.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

"Temannya ini enggak tahu, karena kan kerja di bagian bawah. Kalau korban di atas, bagian memasukkan barang-barang bekas plastik besar seperti ember. Dia tahunya, itu kok mesin macet sama darah banyak. Dimatikan mesin dan cek ke atas, begitu dilihat, ada sisa kakinya doang, yang lainnya sudah menjadi hancur," kata Kepala Polsek Bantargebang, Komisaris Polisi Siswo, pada Jumat 18 Januari 2019.

Sejauh ini, kata Siswo, polisi sudah memanggil dan memeriksa si pemilik usaha itu dan sejumlah saksi. "Meski ini hanya bedeng, keselamatan kerja harus diperhatikan," ujarnya mengingatkan. (asp)

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan
(Ilustrasi) Truk sampah

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Jumlah volume sampah tersebut mengalami peningkatan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024