Kunjungi Tomang, Sandiaga Ingatkan Budaya Tanggap Bencana

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno di Tomang, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Calon Wakil Presiden 02, Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri acara diskusi penanggulangan Paska Kebakaran Bersama Dompet Dhuafa di Jalan Tomang, Grogol Petamburan Jakarta Barat, Kamis 24 Januari 2019. 

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Dalam diskusi ini dibahas mengenai cara menanggulangi potensi bencana kebakaran, serta penanganan usai bencana kebakaran secara komprehensif.

"Kami ingin kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya dalam ekonomi yang sekarang ini tidak diperparah dengan terjadinya bencana kebakaran," kata Sandiaga.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Sandiaga mengatakan, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghadapi bencana tersebut adalah melakukan pelatihan dan memastikan masyarakat dapat tanggap bencana. Budaya tersebut, harus dapat dibangun di tengah-tengah masyarakat, terutama di lingkungan yang rawan kebakaran.

"Rata-rata kebakaran dipicu oleh arus pendek, dan arus pendek itu dari hal-hal yang sangat sepele, misalnya mencabut dari charger selama dia bepergian atau liburan, kabel tidak di standar SNI, juga sambungan-sambungannya," katanya.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Menurut Sandiaga, terkait penanganan bencana kebakaran ini menjadi tugas seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat RW sampai pemerintah. Hal yang pertama harus dilakukan adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara mencegah terjadinya musibah kebakaran ini.

"Untuk pertama-tama sosialisasi. Kedua adalah memberikan bantuan mereka untuk menurunkan potensi kebakaran itu. Jadi, peningkatan sosialisasi dan peningkatan langkah-langkah untuk menurunkan potensi kebakaran ini yang harus terus dilakukan," ujarnya. (asp)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024