Atasi Macet, Anies Diingatkan Tak Hanya Fokus Jak Lingko

Kendaraan bermotor terjebak kemacetan di Jalan KH. Abdullah Syafei, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Analis kebijakan transportasi Azas Tigor Nainggolan mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak hanya fokus ke Jak Lingko, program integrasi transportasi antarmoda di Jakarta, dalam menuntaskan masalah macet di Ibu Kota. 

Tarif Integrasi Transportasi Jakarta Masih Gantung, DPRD Tunggu Anies

Menurut Azas Tigor, gubernur yang masuk tahun kedua menjabat itu harus menyadari bahwa macet di Jakarta disebabkan juga adanya arus kendaraan dari kota-kota satelit. "Pemikiran integrasinya seharusnya tidak hanya berpikir tentang Jakarta saja, tetapi juga melibatkan kota lain di sekitarnya," ujarnya di Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019.

Azas Tigor menyampaikan, hal itu akan membuat efektivitas Jak Lingko tidak terlalu besar mengurangi arus kendaraan pribadi di Jakarta. "Secara terintegrasi, harus dibangun layanan angkutan umum dalam lingkup Jabodetabek," ujarnya.

Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat Ketika Terjebak Macet

Dia memberi saran, supaya Anies membuat kebijakan dengan mengacu pula kepada kebijakan di tataran nasional yang disusun pemerintah pusat.

Dalam hal pembenahan transportasi di Jakarta dan sekitarnya, ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek. 

Terjebak Macet Puncak, Anggota DPR Desak PUPR Bangun Flyover

Pemerintah Provinsi DKI seharusnya bekerja sama dengan lembaga pemerintah pusat, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dalam menyusun kebijakan transportasi di daerahnya.

"Anies Baswedan seharusnya bekerja sama dengan BPTJ dan para pengusaha angkutan umum darat, agar dapat dibangun akses mudah ke transportasi umum di Jabodetabek, bukan hanya untuk Jakarta," ujarnya. (ren)
 

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

The Transportation Minister Joins LRT Jabodebek Limited Trial Today

LRT Jabodebek is conducting a trial run starting today. Then Indonesian Transportation Minister, Budi Karya Sumadi also joined in this limited trial.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2023