BMKG Peringati Sejumlah Daerah Akan Hujan Lebat dan Angin Kencang

Hujan lebat dan banjir
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/H. Prabowo

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengimbau kepada masyarakat agar waspada, karena bakal terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi di berbagai daerah di Tanah Air selama tiga hari ke depan, yakni 6-8 Februari 2019. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Kondisi ini, disebabkan oleh adanya tekanan rendah di Australia Bagian Utara dan sirkulasi siklonik di pesisir barat Aceh (level 925-800 mb)," ujar Kepala Humas BMKG, Ahmad Taufan Maulana di Jakarta, Kamis 7 Februari 2019. 

Sementara itu, terdapat pula konvergensi atau pertemuan angin yang memanjang di wilayah Pesisir Barat Sumatera Barat hingga Samudera Hindia Barat Sumatera, dan terdapat belokan angin di Sumatera Tengah, seperti Riau dan Selat Karimata, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Perairan Utara Papua.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

BMKG mengimbau kepada masyarakat, agar waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Jumat 8 Februari 2019, di wilayah Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung,Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Kemudian, esok hari, masyarakat juga harus waspada, karena bakal terjadi hujan lebat disertai petir di wilayah Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, YogyakartaJawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah. (asp)

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter
Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024