Amankan Debat Kandidat, Tiga Ring Pengamanan Disiapkan 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA –  Debat kandidat jelang pemilihan Presiden 2019 akan digelar pada Minggu, 17 Februari 2019. Pihak kepolisian memastikan keamanan sudah disiapkan. 

MK: Kehadiran Mayor Teddy di Debat Capres Bukan Pelanggaran Pemilu

Polisi akan menerapkan pengamanan sebanyak tiga ring dalam mengawal jalanya debat pemilihan calon presiden dan wakil presiden kedua. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pengamanan pertama di dalam lokasi debat di Ballroom Golden, Hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Argo mengatakan  akan ada Pasukan Pengamanan Presiden yang ikut menjaga didalam mengingat Presiden Joko Widodo adalah salah satu peserta debat selain calon lain, Prabowo Subianto. "Kedua, (pengamanan) di sekitar hotel. Nanti dari TNI, Polri," kata dia saat dikonfirmasi, Sabtu 16 Februari 2019.

Profil Mayor Teddy, Dari Asisten Ajudan Jokowi Kini Jadi Ajudan Prabowo yang Diidolakan Kaum Hawa

Kemudian pengamanan ring ketiga adalah di akses menuju ke Hotel Sultan. Kata Argo, pengamanan tentu juga dilakukan di jalan raya menuju ke Hotel dan sekitar Hotel Sultan.

"Ring ketiga, jalan besar mau keluar masuk ke hotel. (Dari) Hotel Sultan ke Bunderan Semanggi sampai sana pengaturan dan pengamanan," ucapnya.

Anak di Palembang Tega Aniaya Orang Tua Gara-gara Beda Pilihan Capres

Sementara itu, untuk rencana pengalihan arus lalu lintas di jalan sekitar Hotel Sultan sejauh ini belum ada. Rencana pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional melihat kondisi di lapangan.

Tidak adanya rencana pengalihan arus lalin ini dikarenakan acara digelar di hari libur sehingga disinyalir tidak akan terjadi kepadatan di sekitar lokasi. Berbeda dengan debat pertama yang disiapkan rencana pengalihan arus lalin karena debat digelar pada hari kerja.

"Apakah nanti ada pengalihan arus atau buka tutup atau nanti melewati jalur busway, itu nanti diskresi yang dilakukan Ditlantas Polda Metro Jaya," kata dia.

Sementara itu, Kasubag Min Bag Ops Ditlantas Kompol Jamal Alam menambahkan, pihaknya tidak menyiapkan rencana rekayasa lalin terkait hal ini. Kata dia, pihaknya hanya melakukan pengaturan sirkulasi keluar masuk kendaraan dalam Hotel Sultan.

"Untuk penutupan arus tidak ada. Hanya pengaturan sirkulasi masuk dan keluar arah lokasi Hotel Sultan," ucap Jamal menambahkan.

Untuk diketahui, debat capres-cawapres putaran kedua bertemakan energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Dua presenter televisi Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki akan jadi moderator dalam debat tersebut.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya