Ditegur Menhub Tak Pakai Helm Saat Kunker, Wali Kota Airin Minta Maaf

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegur Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, terkait dengan beredarnya foto Airin saat menumpangi kendaraan roda dua tanpa menggunakan helm.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Dia menyayangkan apa yang dilakukan Airin tersebut. Sebab, pakai helm berkaitan dengan keselamatan. 

"Nah, di sini diingatkan Kalau harus pakai helm walaupun dekat, karena sebenarnya helm itu untuk keselamatan kita semuanya," katanya saat bertemu dengan ratusan ojek online Tangerang Raya di The Breeze Tangerang, Minggu 17 Februari 2019.

Golkar Melejit di Pileg 2024, Airin Soroti Peran Besar Kader Perempuan

Berdasarkan data yang dipaparkan Kementerian Perhubungan, 72 persen angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia melibatkan kendaraan roda dua dan sisanya terjadi pada kendaraan roda empat atau bersumbu.

"Banyak kecelakaan melibatkan motor, ada itu karena tidak pakai helm, melawan arus atau ngebut. Di sini, kita ingatkan kembali untuk jaga keselamatan berkendara khususnya roda dua," ujarnya.

Wali Kota Larang Pemotor Pakai Helm Full Face

Sementara itu, Wali Kota Airin meminta maaf atas perbuatannya tersebut. Ia juga memberikan penjelasan pada Menteri Budi, atas viralnya ia yang tidak menggunakan helm tersebut.

"Saya minta maaf atas hal itu. Di sini, juga saya mau jelaskan bahwa saat itu, saya sedang kunjungan kerja cek masyarakat yang sedang kerja bakti, kemudian dapat pesan juga ada masyarakat yang minta dilihat, nah waktu itu karena buru-buru untuk kejar agenda, saya mendadak dapat tawaran dari warga, kalau lebih baik naik motor dibonceng dia," terangnya.

Saat itu, Airin mengaku sempat bertanya kepemilikan helm pada warga tersebut. Namun warga yang dimaksud mengaku tidak membawa helm.

"Pas saya tanya helm, dia enggak bawa. Terus cuma bilang, 'sudah naik aja bu soalnya dekat, cuma 20 meter'. Ya akhirnya saya naik, eh viral. Ya di sini saya mohon maaf dan tidak ulangi lagi," lanjut dia. (ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya