Imbas KRL Terguling, Polisi Siaga di Sejumlah Stasiun di Depok

Penumpang menumpuk di stasiun Depok. Imbas anjloknya CL di Bogor.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA –  Akibat insiden anjloknya rangkaian komuter line atau KRL di perlintasan Kebon Pedes, Bogor Jawa Barat, aktivitas perjalanan kereta mengalami gangguan. PT KCI pun mengumumkan, sementara ini operasional KRL hanya menuju Jakarta maupun Bogor hanya sampai Depok, Minggu 10 Maret 2019.

Kereta Anjlok di India, Penumpang Terjepit di Gerbong Ringsek 8 Tewas

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiyarto telah mengerahkan sejumlah personelnya di beberapa stasiun, seperti di Stasiun Bojonggede, Stasiun Citayam ,dan Stasiun Depok.

“Kita dengan pihak kereta api telah berkoordinasi untuk melakukan penjagaan. Memang, kan sementara ini perjalanan hanya sampai Depok. Karena itu, aktivitas masyarakat tentunya jadi prioritas pengamanan kami,” katanya

5 Kecelakaan Kereta Api Terseram di Indonesia, Selalu Terjadi di Hutan

Pantauan sementara ini, lanjut Didik, aktivitas di sejumlah stasiun tersebut masih berlangsung normal, namun memang terjadi penumpukan. “Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, kami juga mengimbau pada masyarakat, agar tidak memaksakan diri menggunakan KRL. Jika sudah penuh, sebaiknya menggunakan moda transportasi lain.”  

Sementara itu, VP Komunikasi PT KCI, Eva Chairunisa mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, ada 17 orang yang terluka akibat insiden anjloknya rangkaian KRL tadi pagi.

Kronologi Tujuh Gerbong Kereta Api Keluar Jalur Rel di Malang

“Bersama ini, kami sampaikan bahwa seluruh korban telah dievakuasi dari kereta. Korban yang dievakuasi berada dalam kondisi luka-luka,” katanya

Hingga pukul 12.10 WIB tercatat jumlah korban luka mencapai 17 orang. Rinciannya, sembilan orang di RS Salak Bogor, dan delapan orang lainnya di pos kesehatan Stasiun Bogor. “Identitas korban luka dapat dilihat di RS Salak Bogor. Bagi para pengguna yang menjadi korban maka akan mendapatkan perawatan kesehatan,” ujarnya.

Kemudian, kata Eva, evakuasi selanjutnya akan diupayakan terhadap badan kereta di lokasi. Rencananya, kereta yang tidak anjlok akan dievakuasi dengan ditarik sementara ke Stasiun Cilebut. Sementara itu, kereta yang anjlok menunggu proses evakuasi lanjutan, karena terkait dengan perbaikan prasarana perkeretaapian. 

“Untuk perjalanan KRL dari dan tujuan Bogor, sejauh ini belum dapat dilayani oleh KRL. Perjalanan KRL dari arah Jakarta Kota maupun Angke/Jatinegara, sejauh ini hanya sampai Stasiun Depok,” ucap Eva. 

Bagi para pengguna yang telah membeli tiket atau melakukan tap in, lanjut Eva, dapat melakukan refund atau pengembalian uang di loket stasiun. Untuk pelayanan KRL di lintas lainnya berlangsung normal. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya