KNKT Usut Penyebab Kecelakaan Commuter Line

Commuter Line KRL 1722 anjlok dekat pintu perlintasan Kebon Pedes, Bogor.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA –Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono bersama timnya meninjau lokasi tergulingnya gerbong  kereta KA 1722 commuter line jurusan Jatinegara- Bogor  di pintu perlintasan Kebon Pedes, Kota Bogor. KNKT memprediksi bisa mengungkap penyebab kecelakaan dalam dua bulan.

5 Kecelakaan Kereta Api Terseram di Indonesia, Selalu Terjadi di Hutan

Ketua KNKT terjun ke lokasi didampingi oleh empat anggota timnya. Ia memastikan, karena buktinya ada semua, proses penyelidikan diharapkan tak akan lama. 

"Mungkin enggak lama lah, masalahnya juga evidunya ada semua. Cuma kita butuh detail apa namanya, detail temuan-temuannya. Kami (Dari KNKT) ada 4 orang," katanya saat meninjau lokasi.

Kronologi Tujuh Gerbong Kereta Api Keluar Jalur Rel di Malang

Pantauan VIVA, tim KNKT memeriksa lokasi dari mulai gerbong dan jalur rel. Termasuk menggali  keterangan di lokasi. Namun demikian, Soerjanto mengatakan pihaknya urung menebak-nebak sebelum memeriksa seluruh komponen di lokasi. Hanya saja, kata dia, hasilnya akan diselesaikan KNKT selama dua bulan. 

"Belum, belum, (diketahui) kita enggak nebak-nebak. Rodanya diukur, relnya nanti diukur detail. Ya mungkin kalau ada yang diperiksa di lab mungkin sekitar dua bulanan. (Saat ini KNKT) Laporannya, (hanya) laporan singkat karena enggak ada korban (jiwa) ada ini," ujarnya. 

Mobil Tertabrak KA Penataran-Dhoho, 3 Orang Meninggal Dunia
Kecelakaan kereta api Bikaner Guwahati Express di India

Kereta Anjlok di India, Penumpang Terjepit di Gerbong Ringsek 8 Tewas

Kereta api Bikaner-Guwahati Express anjlok yang menyebabkan tiga gerbong rangkaian kereta terbalik di distrik Jalpaiguri, Benggala Barat, India pada Kamis

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2022