Cara Rutan Depok Cegah Mal Administrasi bagi Napi

Box layanan self service di Rutan Depok, Selasa, 12 Maret 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B, Depok, Jawa Barat kembali melakukan terobosan inovasi berbasis teknologi, untuk menghindari terjadinya mal administrasi. Salah satunya dengan membuat alat yang dirancang khusus untuk para narapidana, berupa boks layanan self service.

Polisi Sebar Sketsa Pelaku Penculikan di Depok, Ketahui Ciri-cirinya

Bangunan kotak yang sekilas mirip dengan mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM itu didesain khusus untuk keperluan para napi. Di antaranya, sebagai alat untuk melihat status dan proses pidana yang sedang dijalani napi.

“Namanya box layanan self service. Alat ini hanya bisa diakses oleh warga binaan dengan sistem digital. Jadi jika yang bersangkutan ingin melihat proses pidana dan masa tahanan tinggal menempelkan sidik jari, semua akan terlihat,” kata Kepala Rutan Kelas II B Depok, Bawono Ika Sutomo kepada wartawan, Selasa, 12 Maret 2019.   

Rumah Sakit Simpangan Depok Terbakar, Semua Pasien Bisa Dievakuasi

Dengan alat tersebut, seluruh data akan transparan sehingga dapat mencegah terjadinya kecurangan atau mal administrasi. “Ini kami buat sebagai fasilitas agar setiap warga binaan (napi) bisa melihat status dan proses pidananya secara langsung tanpa ada info yang tidak valid dari pihak manapun,” ujar Bawono.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Depok, Boy Sagara menambahkan, boks layanan self service ini sebagai salah satu program unggulan Ditjen Pemasyarakatan, melalui aplikasi sistem database. “Jadi mereka (napi) mendapatkan informasi proses pidananya melalui mekanisme digital finger print (sidik jari) setiap warga binaan," ujarnya.

Soal Sembako Terbengkalai di Depok, Kantor Pos Merespons

Dengan semakin lengkapnya sarana informasi publik yang ada di Rutan Depok, Boy berharap, dapat meningkatkan pelayanan, khususnya dari segi transparansi pemberian layanan publik kepada masyarakat.

“Selain box layanan self service, Rutan Depok juga telah membuat ruang informasi dan konsultasi, serta pengaduan bagi seluruh keluarga warga binaan guna meningkatkan bentuk layanan dan meminimalisir kemungkinan terjadinya pelanggaran," katanya.
 

Sketsa Pelaku Penculikan Remaja di Depok

Waspada, Begini Cara Penculik Bawa 8 Bocah di Depok

Delapan anak diculik saat bermain di pasar.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020