Anies Tekankan Pembangunan Ruang Interaksi Publik Berkualitas

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA / Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan arahan dan sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan.

Mari Ciptakan Ruang Publik yang Nyaman

Anies menekankan, pembangunan ruang ketiga atau ruang interaksi yang berkualitas bagi publik dan memiliki nilai-nilai yang baik. Nilai-nilai tersebut antara lain, nilai kesetaraan, seperti desain dan sosial ekonomi, nilai moral, seperti fasilitas ibadah, serta nilai pendidikan.

"Alhamdulillah, hari ini kita berkumpul untuk musyawarah yang dirancang bagi pembangunan tahun 2020. Tadi paparan Pak Wali Kota, sebagian berbicara tentang ruang ketiga. Nah, ini harus dibereskan, ruang ketiga ini bicara tempat interaksi. Kita seriusi pembangunannya, karena ini harus dirancang untuk bisa membuat warga DKI merasakan manfaat tinggal di kota ini. Ruang ketiga yang dibangun adalah ruang yang mencerminkan nilai, itu penting. Jika kita membangun tanpa memikirkan nilai, nanti kegiatan yang ada di tempat itu tanpa arah,” ucap Anies di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 20 Maret 2019.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Dalam kesempatan ini, Anies juga memaparkan beberapa program strategis yang perlu diperhatikan dan disinkronkan di wilayah Jakarta Selatan, antara lain:
a. Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pesanggrahan.
b. Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) di Wilayah Jakarta Selatan.
c. Penataan Kawasan Lenteng Agung.
d. Penataan Kawasan Tebet.

Selain itu, program kegiatan pembangunan wilayah tahun 2020, agar selaras dengan kegiatan strategis daerah lainnya, antara lain pengelolaan air bersih, persampahan, naturalisasi sungai, hunian yang layak, penataan kampung, peningkatan akses PAUD, serta peningkatan aksesibilitas penyandang disabilitas.

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

"Musrenbang ini merupakan sarana sinkronisasi dan sinergitas antara aspirasi masyarakat dengan kebijakan pemerintah, dalam rangka menyusun RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) DKI Jakarta Tahun 2020, yang bertema 'Memacu Pertumbuhan Berkualitas'," tutur Anies.

Presiden Jokowi saat menikmati budaya Jawa Barat, di Alun-alun Cianjur.

Kagumi Alun-alun Cianjur, Jokowi Perintahkan PUPR Bangun di Kota Lain

Alun-alun harus bisa jadi ruang publik untuk masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2019