Orang Utan Taman Safari Lari ke Atas Podium, Pengunjung Berhamburan

Pengunjung panik orang utan menuju podium penonton, di Taman Safari Indonesia.
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram

VIVA – Orang utan bernama Evi kabur dari sang pawang atau keeper, saat pertunjukan satwa di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Kejadian ini membuat penonton berhamburan.

Viral Video Orang Utan Berjalan di Proyek Kutai Timur, Tampak Badannya Kurus Kering

Informasi yang dihimpun VIVA, kejadian ini diunggah akun Instagram @rb.adhiyaksa, Rabu, 27 Maret 2019 siang. Tampak dalam video berdurasi sembilan detik itu, orang utan naik ke seutas tali di atas panggung Various Animal. Primata ini bergelantungan dengan cepat lalu terjun dari tali setinggi dua meter di tengah-tengah penonton. 

Sontak, tindakan Evi membuat pengunjung berhamburan. Terlihat juga, anak-anak yang ikut kaget histeris berlari mencari perlindungan. Terdengar suara teriakan.

Peneliti Ungkap Fakta Baru Soal Orang Utan di Indonesia

Beberapa orang terlihat jatuh sempoyongan akibat menghindari Evi yang sedang berlari, dari atas podium penonton menuruni tangga menuju panggung. 

Di belakang Evi, petugas TSI berpakian hijau buru-buru mengejar untuk mangamankan dan menenangkan hewan asal kalimantan bernama latin Pongo Pygmaeus ini. Usaha petugas mengiring ke area panggung akhirnya berhasil. Evi masuk melalui pagar pembatas panggung.

Ketika Ahli Tanaman Bakau Berbicara Tentang Orang Utan  

Saksi mata, Indri Adhiyaksa, orangtua siswa Taman Kanak-kanak Negeri Mexindo Bogor, sempat merekam kejadian yang berlangsung cepat itu. Dalam kejadian itu, kata dia, tidak ada yang dilukai oleh orang utan itu. Hanya saja kepanikan sempat terjadi beberapa saat ketika Evi berlari ke podium penonton. "Anak-anak nangis karena ketakutan tapi tidak ada yang terluka," katanya. 

Beberapa orang tua mengevakuasi anak-anak meninggalkan arena pertunjukan itu. Belum diketahui penyebab aksi Evi, apakah mengamuk atau bagian dari atraksi.  Menurut Indri, usai penanganan petugas, situasi kembali terkendali dan pertunjukan dilanjutkan hingga selesai. 

Humas TSI Cisarua Bogor Yulius H Supriharto membenarkan kejadian tersebut. Yulius belum memastikan penyebab Evi lepas kontrol dari keeper.

"Selamat sore. Keterangan dari pihak TSI: orang utan betina bernama Evi berumur 6 tahun pada saat pertunjukan edukasi di panggung terbuka turun dari tambang. Beberapa pengunjung terkejut berdiri menghindari orang utan. Kejadian tersebut hanya beberapa detik saja. Kemudian orang utan tersebut menuju keeper-nya dan dibawa ke tempatnya. Orang utan dan pengunjung dalam keadaan aman  hingga pertunjukan  berakhir. Terima kasih," katanya saat dikonfirmasi VIVA. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya