Didemo Sopir Angkot, Rute Transjakarta Terintegrasi MRT Dialihkan

Ilustrasi penumpang bus Transjakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Satu rute layanan Transjakarta yang terintegrasi Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang menghubungkan Tangerang Selatan, Banten, dengan Lebak Bulus, Jakarta Barat, dialihkan mulai Jumat, 5 April 2019.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Menurut Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono, pengalihan terkait unjuk rasa para sopir angkutan kota atau angkot 106 di Terminal Pondok Cabe, kemarin, Kamis 4 April 2019.

"Satu rute Transjakarta yang terintegrasi dengan Stasiun MRT Lebak Bulus dialihkan," ujar Agung di Jakarta, Jumat, 5 April 2019.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Adapun rute itu adalah rute S41 Pondok Cabe-Tanah Abang. Agung menyampaikan, jalur rute yang biasanya melewati Cirendeu, disesuaikan menjadi melewati Ciputat.

"Meski dilakukan penyesuaian, Transjakarta tetap melayani masyarakat ke tujuan akhir, maupun mengantarkan pelanggan ke stasiun MRT Lebak Bulus," ujar Agung.

Diskon! Naik MRT Jakarta Cuma Rp 243 pada 23-24 Maret 2024

Mantan Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta ini mengungkapkan, penyesuaian rute dilakukan demi mengakomodir untuk sementara waktu aspirasi para sopir angkot. Sebab, mereka merasa terganggu dengan kehadiran layanan transportasi baru yang seolah mengambil rute mereka.

"Dari pertemuan yang berlangsung kemarin, para sopir angkot 106 menolak layanan Transjakarta," ujar Agung.

Agung berharap Pemda setempat berperan memberi solusi atas masalah. Hal itu dikarenakan kehadiran rute baru Transjakarta yang terhubung langsung dengan MRT merupakan salah satu penunjang program strategis nasional di bidang transportasi.

"Perlu ada solusi dari pemerintah yang bertanggung jawab atas keberadaan angkutan umum di wilayah tersebut," ujar Agung.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya