Kisah Miris Mumun, Terpaksa Bohongi Suami Demi Jual Ginjal

Mumun Sumiyati ingin jual ginjalnya untuk obati suaminya.
Mumun Sumiyati ingin jual ginjalnya untuk obati suaminya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA – Mumun Sumiyati (59 tahun), warga Depok, Jawa Barat belakangan menjadi sorotan publik lantaran nekat menjajakan ginjalnya sendiri demi membiayai pengobatan sang suami. Aksi itu dilakukan Mumun sejak beberapa hari terakhir.

Usut punya usut, rupanya apa yang dilakukan Mumun sempat tidak diketahui keluarga, khususnya sang suami, Leo Suyoto (69 tahun). Mumun kerap beralasan keluar rumah untuk mencari pekerjaan.

“Bapak (suami) tadinya enggak tahu, saya pamitnya keluar rumah mau cari yang butuh nyuci atau gosok. Saya terpaksa begitu, saya enggak tahu harus gimana lagi,” katanya berlinang air mata saat ditemui di kediamannya di kawasan Rawa Indah II, RT 4/2, Kecamatan Cipayung, Depok, Sabtu 6 April 2019.

Berbekal secarik kertas berwarna pink berisi tulisan jual ginjal, Mumun pun rela menelusuri teriknya matahari hingga ke wilayah Bekasi. Namun usahanya itu hingga kini belum membuahkan hasil. Meski demikian, tak sedikit yang menaruh iba pada ibu dua orang anak itu.

“Sampai sekarang belum laku, tapi ada aja yang ngasih sumbangan ala kadarnya. Banyak juga yang melarang saya jual ginjal,” tuturnya sambil menyeka air mata

Selain untuk biaya berobat, Mumun berharap, jika ginjalnya laku terjual ia dan suami dapat memiliki rumah sendiri. Sebab, sampai saat ini mereka masih mengontrak di rumah petakan dan belum membayar sewa selama tiga bulan.

“Semua benda sudah habis saya jual, saya enggak punya apa-apa lagi selain ginjal untuk kesembuhan suami. Suami saya tadinya supir serabutan, tapi sudah enggak kerja lagi sejak sakit,” tuturnya dengan mata berkaca-kaca.