Pembangunan Jalur KRL Layang di Jakarta Dimulai 2020

Rangkaian KRL Commuter Line melintas dikawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – PT Adhi Karya Tbk mengungkapkan, pembangunan jalur kereta rel listrik (KRL) layang di dalam kota Jakarta bakal dimulai tahun 2020. Proyek ini berada di bawah koordinasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan.

PT KCI Borong 3 Rangkaian KRL dari China untuk Armada Jabodetabek

Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto, mengatakan untuk pengerjaan proyek yang dinamakan loop line ini pihaknya bekerja sama atau membentuk konsorsium dengan PT Wijaya Karya Tbk dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk.

"Ini beda (dengan LRT). Jadi jaringan kereta (KRL/Commuter Line) yang ada di bawah mau kita naikkan. Sehingga antara perjalanan kereta dengan perjalanan lalu lintas tidak saling mengganggu," ungkap Budi Harto di Jakarta Selatan, Senin, 15 April 2019.

Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi hingga Pukul 03.00 WIB

Ia mengungkapkan nilai investasinya ditaksir mencapai Rp15 triliun. Panjang jalur KRL yang akan dinaikkan ke atas (elevated) kurang lebih sepanjang 24 km atau seluruh ruas KRL di dalam kota Jakarta. 

"Ini kami godok desainnya. Kemudian kami serahkan kepada Pemerintah untuk ditenderkan," kata Budi.

Nasib Pembangunan Jalur KRL Commuter Line ke Karawang, Begini Kata Kemenhub

Dalam konsorsium tersebut, lanjut Budi, porsi Adhi Karya sebesar 40 persen dan sisanya adalah Wijaya Karya dan Jaya Konstruksi. Ia pun menargetkan desain akan selesai pada Juli, dan pada bulan agustus sudah diserahkan kepada Pemerintah. 

"Ini dalam kota (tidak termasuk luar kota), Manggarai dan lain-lain. Jalur yang di bawah dipindahkan di atas. Sehingga keretanya muternya di atas, tidak di bawah. Sehingga tidak ada persimpangan antara kereta dengan mobil," jelasnya. (ase)

Illustration of Indonesian train (KRL).

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2024