Pergub PBB di Bawah Rp1 M Direvisi, Politikus PDIP: Tak Ada Keadilan

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono.
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana.

VIVA – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gembong Warsono menilai, revisi Peraturan Gubernur Nomor 259 Tahun 2015 tentang Pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan Atas Rumah, Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) dengan Nilai Jual Objek Pajak sampai Rp1 miliar, tidak ada urgensinya.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Revisi pergub juga dinilai tidak ada keadilan untuk warga DKI Jakarta. "Selama ini Pak Anies sampaikan ini soal keberpihakan. Nah, sekarang ketika faktanya sudah berjalan di bawah Rp1 miliar itu adalah nol rupiah. Sementara buat kebijakan baru yang notabenenya adalah semua kena pajak. Kan nilai keadilannya enggak ada," ujar Gembong saat dihubungi via telepon, Selasa, 23 April 2019.

Gembong menilai, sejak 2016 tidak ada masalah pada pendapatan asli daerah DKI Jakarta. Ia meminta kepada Anies tidak mencari sumber pendapatan dari penghapusan PBB. "Jadi pertama soal keberpihakan, kemudian soal pendapatannya enggak ada soal urgensinya," ujarnya. 

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Gembong pun meminta agar Anies tetap mempertahankan kebijakan Peraturan Gubernur Nomor 259 Tahun 2015. "PDIP mendorong Pak Gubernur untuk tetap mempertahankan di bawah Rp1 miliar tidak dikenakan pajak," kata Gembong.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah merevisi Peraturan Gubernur mengenai Nomor 259 tahun 2015 tentang Pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan Atas Rumah, Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) dengan Nilai Jual Objek Pajak sampai Rp1 miliar.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Hal ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 38 Tahun 2019 tentang Revisi Pergub 259 Tahun 2015. Setelah diundangkan pada 15 April 2019, lahan atau gedung dengan nilai NJOP di bawah Rp1 miliar, hanya bebas pajak hingga 31 Desember 2019. Mereka harus membayar pajak lagi pada 2020.

(Baca: Pergub DKI Direvisi, PBB di Bawah Rp1 Miliar Tak Lagi Gratis)

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024