Anies Target Naturalisasi Sungai Rampung Tahun Ini

Normalisasi Sungai Ciliwung
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menargetkan program naturalisasi kali dan waduk dengan aliran Sungai Ciliwung akan selesai tahun ini. 

Keren! Intip Aksi Luna Maya Bersih-bersih Sampah di Sungai Ciliwung

Ia mengemukakan, sudah lima wilayah yang sedang dalam proses naturalisasi sampai pintu air Masjid Istiqlal.

"Kita sedang dalam lima wilayah yang sedang dalam proses, mudah-mudahan akhir tahun ini selesai. Salah satunya adalah di koridor Kali Ciliwung, sampai dengan pintu air Istiqlal. Begitu, kemudian juga di Kanal Banjir Barat. Juga ada percontohan dari proses ini," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin 29 April 2019.

Jokowi: Sodetan Ciliwung Baru Selesaikan 62 Persen Persoalan Banjir Jakarta

Saat ini, pihaknya sedang melakukan sodetan di Kali Ciliwung. Namun, Anies mengemukakan, terdapat kendala pembebasan lahan di sekitar bantaran Kali Ciliwung.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mengalami kendala pembebasan lahan, yaitu terkait legalitas tanah dan bangunan warga.

Detik-detik Rumah Roboh di Bidara Cina Diterjang Banjir, BPBD Beri Penjelasan

Menurut Anies, pihaknya sudah berbicara dengan kepala BPN. Pemprov DKI Jakarta akan melakukan komunikasi lebih jauh dengan masyarakat.

"Jadi, nanti akan dilakukan komunikasi lebih jauh dengan masyarakat. Karena, detailnya itu tidak sesederhana putusan itu. Di situ, ada soal kepemilikan yang harus dituntaskan kita bicara dengan warga lagi soal itu. Nanti, habis itu baru bicara pengukuran," ujar Anies. (asp)

Foto udara aliran Sungai Ciliwung di kawasan Gedong, Pasar Rebo, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Gerakan Ciliwung Bersih Kenalkan Wajah Baru Sungai Ciliwung, Bisa Wisata Sambil Belajar

Program tersebut di antaranya susur sungai, memanen hasil hidroponik ventikultur sambil menikmati kopi di kedai pinggir Sungai Ciliwung.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2023