Apresiasi Gubernur Anies Usai Uji Coba Bus Listrik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan uji coba bus listrik untuk Transjakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Pra uji coba bus listrik dari Transjakarta telah digelar di Jakarta, Senin, 29 April 2019. Uji coba bus listrik pertama kali di Indonesia ini, mengambil rute Balai Kota hingga Bundaran Hotel Indonesia dan kembali ke Balai Kota.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

"Alhamdulillah hari ini kita melakukan pra uji coba bus listrik dari Transjakarta," ujar Anies seperti dikutip dari akun Facebook @aniesbaswedan, Selasa, 30 April 2019.

Sementara ini ada tiga bus listrik dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan Build Your Dream (BYD), dalam ukuran bus single maupun medium. Pada masa uji coba Juni mendatang, 3 bus tersebut akan beroperasi sementara melayani sekitar Monas sebagai ekshibisi sehingga semua orang bisa mencoba dan merasakan. 

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta dan Transjakarta masih menggodok proses perizinan dan administrasi operasional bus listrik. "Kami berharap adanya bus listrik ini masyarakat bisa mengurangi kendaraan bermotor dan lebih banyak memilih kendaraan umum. Untuk udara Jakarta yang lebih bersih bagi kita semua," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kualitas udara di Jakarta pada 2018 dalam kondisi udara buruk. Tahun kemarin, sebanyak 196 hari dalam level udara tak sehat, hanya 34 hari udara bersih. Kemudian, 122 hari kualitas udara level sedang dan ada 13 hari tak berdata. Sumber pencemar terbesar, sekitar 70 persen penyumbang polusi udara dari kendaraan bermotor. 

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024