Digelar Tertutup, Ijtima Ulama III Bakal Beri Arahan Pascapemilu

Salah satu tokoh penggerak Aksi 212 Ustaz Bachtiar Nasir
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Ijtima Ulama III yang digelar di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 1 Mei 2019, direncanakan membuahkan hasil berupa arahan kepada umat Islam Indonesia usai berlangsungnya Pemilu 2019.

Ribuan Aparat Keamanan Jaga Aksi PA 212 dan Ormas Lain Depan Kedubes AS

Menurut salah satu tokoh penggerak Aksi 212 Ustaz Bachtiar Nasir, yang juga penyelenggara acara, Ijtima yang digelar tertutup dari media, mengumpulkan lebih dari seribu ulama dari seluruh Indonesia untuk merumuskan arahan itu.

"Latar belakang pertemuan ini sebenarnya bukan untuk ujug-ujug kepentingan-kepentingan politik semata, tetapi lebih kepada (memenuhi) tuntutan masyarakat yang meminta arahan para ulama, meminta fatwa para ulama," ujar Nasir di lokasi.

Catat 18 Kantong Parkir saat Munajat 212 di Monas

Adapun, Nasir menyampaikan, ijtima harus dilakukan supaya arahan itu seragam. Munculnya arahan yang tidak satu suara dari ribuan ulama dikhawatirkan membuat umat Islam bingung.

"Jangan sampai kemudian (umat Islam) salah arah dan salah fatwa," ujar Nasir.

Penampakan Ribuan Warga di Munajat Kubro 212 yang Digelar dari Jam 3 Pagi di Monas

Nasir belum dapat memberi kisi-kisi atas hasil bertemunya ribuan ulama. Hanya, Nasir mengemukakan, arahan dipastikan begitu penting menyangkut peran umat dalam keberlangsungan bangsa dan negara.

"Tidak akan menyesal orang yang beristikharah sebelum mengambil keputusan besar, dan tidak akan merugi orang yang beristikharah, bermusyawarah, sebelum mengambil keputusan besar," ujar Nasir.

Berdasarkan pantauan VIVA, Hotel Lorin ramai oleh massa beratribut Islam. Banyak petugas beratribut Front Pembela Islam (FPI) menjaga juga jalan-jalan menuju lokasi hotel. Ijtima digelar di lantai sepuluh hotel, dan direncanakan baru tuntas sore.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya