Pemkot Tangerang Sidak di Pasar Anyar, Temukan Makanan Berformalin

SIdak bahan pangan di pasar Tangerang.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang menemukan 15 makanan yang mengandung formalin di Pasar Anyar, Tangerang, Selasa 14 Mei 2019.

Chef Norman Ungkap Trik Makanan Kaya Rasa, Tapi Masaknya Singkat Moms!

Makanan tersebut ditemukan setelah pihaknya yang bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan Banten melakukan uji laboratorium terhadap 62 sampel pada produk ternak.

"Kita lakukan uji laboratorium dan ditemukan belasan makanan yang mengandung formalin. Salah satunya, daging ayam," kata Bidang Keanekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Eni Nuraeni.

Biaya Transportasi Bikin Harga Bahan Pokok Meroket, Warga Intan Jaya Protes

Tak hanya formalin, ditemukan beberapa makanan lainnya yang mengandung bahan berbahaya seperti, rhodamine B, boraks dan pestisida, hasil dari 38 sampel produk baik itu makanan ringan, buah dan sayuran.

"Ada buah dan sayuran mengandung pestisida, dan juga ada beberapa sample makanan mengandung boraks dan rhodamine B. Untuk efeknya tidak langsung dirasakan masyarakat, tapi 5 sampai 10 tahun kemudian bisa mengakibatkan kanker," ujarnya.

Video Jokowi Kaget dengan Harga Sembako di Pasar Cepogo Boyolali Menjelang Lebaran

Adanya temuan tersebut, pihak Pemerintah Daerah akan melakukan penindakan dengan pembinaan yang diberikan lebih dulu surat teguran. Ditambah, pihaknya melakukan koordinasi kepada kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan tindakan terhadap produsen.

"Tindak lanjut kita berikan surat dan melakukan penyelidikan terkait dengan produsen," ungkapnya. (ren)

Pedagang mengangkut bahan pangan di pasar. (Foto ilustrasi)

Daftar Harga Pangan 4 Desember 2023: Beras hingga Cabai Naik

Harga komoditas pangan mayoritas terpantau mengalami kenaikan.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023