Ingin Bangun Lagi Kampung Deret, Jokowi Akan Izin ke Anies

Joko Widodo di Kampung Deret, Jakarta
Sumber :
  • VIVA / Agus Rahmat

VIVA – Setelah pengumuman hasil akhir rekapitulasi suara nasional Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin mengumumkan kemenangannya di Kampung Deret, Johar Baru, Kecamatan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Mei 2019.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Lokasi kampung ini, berada persis di pinggir rel kereta, tak jauh dari Stasiun Senen. Kampung ini juga dulunya dibangun oleh Jokowi, saat ia menjabat gubernur DKI periode 2012-2017.

Jokowi kembali ke kampung ini, untuk mengumumkan ke seluruh rakyat Indonesia bahwa berdasarkan penghitungan KPU, ia dan KH Ma'ruf Amin memenangi Pilpres 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Mantan gubernur DKI Jakarta itu memilih untuk mengumumkan pemenangan ini lantaran sudah lama tidak bersua dengan masyarakat Kampung Deret.

"Sambil nengok dulu Kampung Deret yang kita bangun," kata Jokowi, disambut tepuk tangan riuh ratusan masyarakat yang sudah memadati lokasi sedari tadi.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Memang, sebelum mengumumkan kemenangannya, lebih kurang 10 menit Jokowi menyempatkan berdiskusi dengan warga kampung. Salah satu yang diminta, adalah adanya pembangunan lanjutan.

Jokowi menjanjikan akan dilanjutkan di periode keduanya. Tapi mengingat ia bukan lagi gubernur DKI, maka harus meminta izin ke Anies Baswedan, gubernur DKI Jakarta saat ini.

"Tadi bisik-bisik masyarakat, 'pak dilanjutkan pak ini pembangunannya', dan sudah saya sanggupi. Nanti saya mau izin dulu ke gubernur (Anies Baswedan)," kata Jokowi disambut teriakan 'aamiin' oleh warga yang terlihat senang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya