Mudik Lebaran, Bea Cukai Sebut Penyelundupan Narkoba Meningkat

Pengungkapan kasus penyelundupan di Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Aksi penyelundupan narkotika melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, mengalami peningkatan, terutama menjelang Lebaran 2019.

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai KPU Soekarno Hatta, Hengki Aritonang mengatakan, terdapat empat pengungkapan kasus penyelundupan narkotika dengan berbagai jenis melalui Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Dia menjelaskan, kasus terbaru saat ini adalah penangkapan pada seorang kurir wanita dengan inisial MSM (35). Dia kedapatan menyelundupkan narkotika jenis Methamphetamine di dalam vaginanya.

Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 19 Kg Sabu dari Malaysia, Tangkap 5 Orang Tersangka

"Kurir ini asal Gambia, yang memang datang ke Indonesia, untuk mengantarkan 1,217 gram Methamphetamine ke salah seorang pemesan di salah satu hotel kawasan Jakarta Pusat," katanya di Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu 29 Mei 2019.

Barang terlarang tersebut disembunyikan oleh pelaku di dalam kapsul yang kemudian dimasukkan ke dalam vaginanya, serta di dalam perut dengan cara swallowed.

Warga Pontianak Nekat Selundupkan Sabu Didalam Boneka ‘Hello Kitty’

"Mereka melakukan cara yang sama. Terkait dengan penemuan ini kami berkoordinasi dengan Bareskrim Polri, untuk melakukan penyidikan lebih lanjut," ujarnya.

Soal cara penyelundupan dan penggunaan wanita sebagai kurir, menurut Hengki, hal itu memang masih menjadi favorit proses transaksi jual beli narkotika jaringan internasional. 

"Sebetulnya, cara-cara dan aksi penyelundupan ini, memang sudah sering dilakukan kurir dan bukan hal baru. Hanya saja, mereka memang sangat memanfaatkan momentum kepadatan penumpang, terutama saat mudik Lebaran ini," ujarnya. 

Lantaran itu, petugas diminta untuk meningkatkan pengawasan. Bahkan, jika terjadi kekurangan personel, nantinya akan diterjunkan langsung personel bantuan dari pusat. 

Diketahui, saat ini, pihaknya pun melakukan penambahan personel sebanyak 2.500 di Bandara Soekarno Hatta. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya