Polisi Ingatkan Otoritas Awasi Kapal-kapal Wisata ke Kepulauan Seribu

509 - Kapal kayu tradisional mengangkut penumpang saat melintas di laut dekat Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA – Di antara beberapa pilihan destinasi libur Lebaran 2019 di Ibu Kota Jakarta, salah satunya adalah Kepulauan Seribu. Dengan akses yang digunakan adalah kapal maka pihak Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara mengeluarkan imbauan.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold E P Hutagalung meminta agar kapal-kapal yang digunakan wisatawan dari dan menuju Kepulauan Seribu, dicek oleh otoritas terkait. Hal ini mengantisipasi terjadinya overload atau kelebihan muatan.

"Terkait kapasitas kapal, KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) harus memperhatikan pelayanan bersama stakeholder terkait untuk melakukan observasi ke kapal-kapal agar tidak melebihi kapasitas daya angkut," kata AKBP Reynold dalam keterangan persnya, Sabtu 8 Juni 2019.

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Tidak jarang kecelakaan disebabkan oleh faktor muatan yang berlebihan. Untuk itu, pihaknya juga sudah mengimbau PT Samudra Sumber Artha (SSA) selaku pengelola tiket ke Kepulauan Seribu, untuk memaksimalkan pelayanan. Juga melakukan evaluasi terhadap pelayanan yang dilakukan untuk masyarakat pengguna.

Membludaknya wisatawan ke Kepulauan Seribu juga diantisipasi oleh mapolres pelabuhan dengan menyiagakan personel dalam mengatur lalu lintas. Hal ini perlu dilakukan dengan hanya ada satu pintu menuju Pelabuhan Kali Adem.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

"Melalui ploting anggota pengamanan terbuka dan tertutup, kita juga mengawasi dan memantau hal-hal yang mencurigakan dari barang bawaan para penumpang, terkait benda tajam, minuman keras serta narkoba. Untuk dapat segera diamankan bila ada temuan," kata dia.

Agar tidak berdesakan karena volume pengunjung yang tinggi, AKBP Reynold juga meminta pengunjung untuk memanfaatkan pembelian tiket lewat jalur online. Dengan begitu, panjangnya antrean pembelian tiket di lokasi bisa diminimalisasi.

"Jaga barang-barang masing-masing untuk keamanan dan kenyamanan bersama," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya