Pemprov DKI Anggarkan Rp75 Miliar Revitalisasi Trotoar Jakarta Pusat

Trotoar di Jalan Sudirman Jakarta
Sumber :
  • VIVA / Anwar Sadat

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan revitalisasi trotoar di sejumlah ruas jalanan di wilayah Jakarta Pusat.

Pria 47 Tahun Ditemukan Tewas Bawa Bungkusan Pakaian Bekas di Trotoar Margonda

"Cikini, Pegangsaan Timur, Kramat, Salemba," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugraha melalui pesan singkat kepada VIVA di Jakarta, Minggu, 16 Juni 2019

Ia menjelaskan, alasan revitalisasi trotoar di sejumlah ruas itu karena trotoar yang saat ini tidak ramah disabilitas, bergelombang dan sebagian trotoar terputus. 

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

"Eksisting trotoar, eksisting 1,5-3 meter dan kita akan buat trotoar menjadi 4-7 meter," katanya. 

Untuk anggaran revitalisasi trotoar di sejumlah ruas jalan itu mencapai Rp75 miliar dan trotoar yang direvitalisasi sepanjang 10 kilometer. 

Heboh Trotoar Berbayar di Jakpus, Heru Budi: Nanti Saya Suruh Dishub Tangkep

Hari menjelaskan, penataan trotoar dilakukan secara complete street. Selain trotoar akan dibangun man hole utilitas untuk menata jaringan utilitas, kursi, ubin pemandu disabilitas, way finding, pohon dan kelengkapan lainnya.

Tentunya kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Wali Kota beserta jajarannya dan Dinas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengenai para pedagang kaki lima.

Meskipun ada perencanaan penataan trotoar, ia memastikan tidak akan mengganggu arus lalu lintas di kawasan tersebut. "Arus lalu lintas tidak ada perubahan dan kita koordinasi dengan Dishub untuk semua berjalan dengan baik," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya