Jalan Raya Sawangan Depok Amblas, Lalu Lintas Macet Panjang

Sebagian jalan raya Sawangan di Depok amblas, Kamis, 27 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA/ Zahrul Darmawan.

VIVA - Jalan Raya Sawangan tepatnya yang berada di Prapatan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, amblas pada Kamis malam, 27 Juni 2019. Akibat peristiwa itu, arus lalu lintas di kawasan tersebut macet panjang.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Data yang berhasil dihimpun VIVA menyebutkan, amblasnya sebagian jalan itu menimbulkan lubang dengan lebar sekitar lima meter tepat di Prapatan Mampang, depan Masjid Jami Al-Istiqamah.

Lokasi kejadian merupakan akses utama penghubung Sawangan, Cinere, dan Margonda. Juju, salah seorang warga sekitar mengatakan peristiwa jalan yang amblas tersebut terjadi sekitar pukul 19.15 WIB.

Polri Petakan Jalur Rawan Kecelakaan Saat Mudik, Terutama di TransJawa

"Kejadiannya pas saya lagi salat isya, tiba-tiba ramai di depan pada klakson-klakson. Pas saya cek keluar setelah salat ternyata jalannya amblas," katanya.

Khawatir terjadi hal yang tak diinginkan, sejumlah warga kemudian berinisiatif memasang papan penghalang. Sementara itu, Ade warga lainnya mengatakan, bahwa kondisi jalan tersebut memang sudah menurun sebelum akhirnya amblas beberapa jam yang lalu.

Protes Jalan Rusak dan Berlumpur, Warga Tanam Pohon Pisang

"Ini memang sudah turun aspalnya, habis lebaran ini aspalnya sudah cekung gitu posisinya. Benar saja kejadian amblas kan jalannya," katanya.

Sebelum peristiwa itu terjadi, warga sempat melapor ke kelurahan terkait dengan kondisi aspal yang mulai turun. Namun sayangnya, hingga kejadian laporan tersebut tak digubris.

"Kami sudah lapor ke kelurahan dari aspalnya turun belum amblas gini, tapi enggak ada respons."

Warga meyakini jalan tersebut amblas akibat tidak kuat menahan beban kendaraan. Terlebih akhir-akhir ini cukup sering dilintasi truk dengan muatan tanah.

Sementara itu, untuk mengurai kemacetan yang cukup panjang, sejumlah petugas yang dikerahkan terpaksa melakukan sistem buka tutup di sekitar lokasi kejadian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya