Berulang Tahun 1 Juli, Warga Depok Bisa Dapat SIM Gratis

Surat Izin Mengemudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Depok bakal memberikan Surat Izin Mengemudi atau SIM secara cuma-cuma alias gratis pada warga Depok tepat di hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-73, pada Senin 1 Juli 2019.

Sosok Spesial Bakal Pimpin HUT Polri di Lapangan Akpol Semarang

Kepala Satlantas Polresta Depok, Komisaris Sutomo mengungkapkan, pemberian SIM gratis itu berlaku untuk warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Depok dan lahir tepat di hari yang sama dengan peringatan HUT Polri. 

"Insya Allah, besok, kita akan berikan SIM gratis bagi warga Depok yang lahirnya tepat pada 1 Juli. Silahkan datang ke Polresta Depok," kata Sutomo, Minggu 30 Juni 2019.

Pesan Jokowi ke Polri: Bukan Hanya Harus Tegas dan Tanpa Pandang Bulu

Kebijakan ini, lanjut Sutomo, tidak hanya untuk pemohon SIM baru, namun juga berlaku untuk perpanjangan SIM. "Syarat membawa e-KTP dan surat keterangan sehat. Pemohon juga harus lulus ujian teori dan praktik," ungkapnya.

Meski gratis, Sutomo menegaskan pihaknya tetap menggunakan standar yang sama seperti pemohon pada umumnya. Pemohon tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku untuk ketertiban dan keamanan saat berkendara.

Vaksinasi Gratis dalam Rangka Hut Polri, Cek Lokasinya

"Hanya saja yang berbeda adalah kami yang menanggung biayanya. Kalau standar operasional prosedur tetap dijalankan," ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Regident Satlantas Polresta Depok, Ajun Komisaris Polisi Agung Permana menambahkan, program ini hanya berlaku selama satu hari saja dan berlaku di Polresta Depok. 

"Hanya di Polresta Depok saja program tersebut berlaku dan hanya satu hari di tanggal 1 Juli 2019 saja," katanya.

Seiring dengan bertambahnya usia Bhayangkara, Satlantas Polresta Depok pun terus melakukan upaya maksimal guna memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Beberapa poin yang dikedepankan ialah transparan, profesional, dan humanis. 
 
"Kami juga mengimbau pada masyarakat untuk tidak menggunakan cara-cara yang tidak dibenarkan dalam memperoleh SIM, karena ini akan berdampak saat Anda berkendara. Silahkan datang sendiri dan jangan terbuai dengan iming-iming orang yang dapat membantu," kata Agung. 

SIM gratis warga Depok yang ulang tahun 1 Juli

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya