Ada Taman Dukuh Atas, Anies: Ruang Ketiga Interaksi Warga

Skate Park di Dukuh Atas
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, ingin warga Ibu Kota berinteraksi di ruang terbuka baru, Taman Dukuh Atas, di Jakarta Pusat. 

Asyik! Tarif Promo LRT Jabodebek Diperpanjang Sampai 31 Maret 2024

Menurut Anies, taman itu terletak di area yang merupakan pertemuan banyak moda transportasi. Lokasi itu juga akan menjadi tempat bagi warga untuk bertemu saat beralih angkutan umum.

"Ruang di Dukuh Atas ini terbuka untuk semua. Sambil berpindah moda transportasi, warga bisa berinteraksi di sini," ujar Anies, dikutip dari akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Rabu, 10 Juli 2019.

LRT Jabodebek to Add More Daily Trips: Here's the Latest Update

Taman Dukuh Atas berdekatan di antaranya dengan Halte TransJakarta Dukuh Atas 1 dan 2, perhentian bus Bumiputera, Stasiun KRL Sudirman, hingga Stasiun MRT Dukuh Atas dan stasiun kereta bandara. 

Anies menyampaikan, area terbaru di Jakarta ini merupakan bagian dari penataan trotoar Sudirman-Thamrin yang dimulai menjelang Asian Games 2018.

LRT Jabodebek Tambah Jumlah Perjalanan Jadi 202 Per Hari, Catat Jadwal Terbarunya

"Taman Dukuh Atas ini adalah bagian dari penataan koridor Sudirman-Thamrin. Saat ini sudah memasuki tahap persiapan akhir sebelum resmi dibuka untuk publik," kata Anies.

Selain itu, Anies mengemukakan, di bawah kepemimpinannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengonsepkan ruang-ruang terbuka sebagai 'ruang ketiga'. 

Ruang itu merupakan area ketiga warga berinteraksi dengan sesamanya selain di ruang pertama, yaitu rumah dan ruang kedua, yaitu tempat kerja atau kantor atau sekolah.

"Pemprov DKI mengubah ruang yang tadinya jalan untuk kendaraan bermotor, menjadi ruang untuk pejalan kaki, pedestrian. Sebuah ruang antara rumah dan tempat bekerja, ruang ketiga," tutur Anies.

Fasilitas di Taman Dukuh Atas yaitu sarana olahraga skate board, spot ekspresi seni budaya, spot edukasi utilitas kota, dan anjungan pandang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya