Macet di Depok Bikin Stres, Wali Kota Bakal Pasang Lagu di Lampu Merah

Wali Kota Depok, Mohammad Idris
Sumber :
  • Zahrul Darmawan

VIVA – Sejumlah lampu merah di Kota Depok, rencananya bakal dilengkapi dengan sajian musik daerah. Pemerintah setempat menilai, alunan musik itu dapat menangkal risiko stres akibat macet yang memang makin parah terjadi.

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

“Iya salah satunya untuk menghibur masyarakat Depok yang kena macet, khususnya Sabtu-Minggu,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris pada wartawan, Jumat 12 Juli 2019.

Namun, pemasangan lagu di lampu merah baru ide dan semua masih dalam kajian. Koordinasi dilakukan dengan Polres Depok, untuk pemasangan pengeras suara untuk menyiarkan lagu-lagu yang akan diputar di lampu merah.

Irjen Aan Beri 'Senjata' Baru untuk Anak Buah Urai Kemecetan Mudik Lebaran

“Kita tidak bisa bekerja sendiri dan tidak bisa memutuskan sendiri. Kita punya Polresta yang bisa dimintai pendapatnya. Jangan-jangan punya pandangan berbeda. Ketika orang keasyikan dengar lagu, malah jadi lupa jalanin mobilnya,” ujar Idris.

Kajian terkait wacana itu, kata Idris, tidak terbatas sampai kapan. Bila cara ini dianggap baik dan dapat dilakukan, nantinya musik yang diputar diantaranya adalah lagu daerah.

Catat! Ini Jam Macet di Jakarta saat Puasa Ramadhan

“Kan, koordiansi perlu waktu,” katanya.

Ditambahkan Idris, selain mengatasi masalah kemacetan yang ada, upaya yang terus dilakukan memantau kondisi jalan menggunakan CCTV yang berada di ruang kontrol di Pemkot Depok. Dari ruangan ini, akan dilakukan kontrol kepada petugas yang berjaga di jalan-jalan langanan macet.

“Namun, yang terpenting bagaimana wali kota bisa meneriaki petugas Dishub atau memantau warga lewat CCTV yang ada di ruang khusus di Pemkot Depok. Jadi, saya bisa melihat langsung, bisa mengawasi anggota Dishub yang lengah,” katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya