Cara Pemprov DKI Perbaiki Kualitas Udara Jakarta

Penanaman mangrove di PIK
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama komunitas pencinta lingkungan, akademisi, dan tokoh masyarakat menanam mangrove di Kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk.

Kasus Pneumonia Anak Tercatat Naik Sebesar 88,1 Persen

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Andono Warih, mengatakan, aksi penanaman mangrove menjadi momentum bagi seluruh elemen masyarakat untuk berperan bersama memperbaiki kualitas lingkungan Ibu Kota.

"Kita saling berkolaborasi dan bersinergi untuk sama-sama membangun kota Jakarta dan meningkatkan kualitas lingkungannya," ucap Andono Warih, dalam keterangannya, Sabtu, 13 Juli 2019.

INFOGRAFIK: Biang Kerok yang Bikin Udara Jakarta Memburuk

Andono menjelaskan, penanaman pohon mangrove atau dikenal sebagai pohon bakau dapat membantu kota mendapatkan air dan udara yang bersih.

"Hutan mangrove dapat menyerap logam berat berbahaya dan meningkatkan kualitas air menjadi lebih bersih. Selain itu, mangrove juga membantu proses alami untuk mendapatkan kualitas udara yang lebih baik," kata dia.

Kualitas Udara Tidak Sehat, Anak-anak di Jabodetabek Diimbau Tak Banyak Keluar Rumah

Ia pun berharap, mangrove berfungsi sebagai pemecah gelombang laut secara alami di sepanjang pantai utara Jakarta dan menambah ruang terbuka hijau. Selain itu, mangrove turut mengurangi emisi gas rumah kaca. 

"Aksi penanaman mangrove kali ini melibatkan 1.040 sukarelawan yang terdiri dari 530 orang asal Jepang bersama 510 relawan dari Pemprov DKI Jakarta," tuturnya.

Wanita beli udara

Viral Aksi Wanita Unboxing Udara Bandung dan Jakarta Bikin Ngakak, Harganya Rp12 Ribu Per Plastik

TikToker Zuena, yang diketahui tinggal di Bogor ini perlihatkan kardus paket berisikan dua udara yang ia beli tersebut. Per satu paket udara dibanderol seharga Rp12 ribu.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2024