Pemprov DKI Siagakan Tangki Air Bersih untuk Antisipasi Kekeringan

Ilustrasi kekeringan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Musim kemarau sudah melanda berbagai daerah termasuk Ibu Kota DKI Jakarta. Merespons hal tersebut, Pemprov DKI menyiapkan langkah mengantisipasi kekeringan saat musim kemarau.

Pakai Pelumas Biar Area Genital Lebih Licin, Ketahui Dulu 5 Efek Sampingnya Ini

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI tengah menyiapkan tangki berisi air bersih dan juga beberapa unit pemadam kebakaran.

"PDAM dan Damkar sudah standby, disiagakan dengan tangki-tangki air bersih jika sewaktu-waktu dibutuhkan," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo kepada wartawan, Rabu 17 Juli 2019

BLT El Nino Akan Diberikan Hingga Maret 2024

Dia menjelaskan BPBD sampai saat ini belum mendapatkan laporan adanya kekeringan di wilayah Ibu Kota. Untuk itu, agar dapat mengetahui ada atau tidaknya bencana kekeringan di DKI, BPBD DKI terus berkoordinasi dengan masing-masing pemerintah kota.

"Kalau 2015 yang lalu, ada dua kelurahan di Jakarta Barat yang sempat dikirim tangki-tangki air bersih, yakni Tegal Alur dan Kamal, tapi tahun ini belum ada laporan yang kami terima," ujarnya

Negara Kekeringan Likuiditas, Mengapa?

Sejauh ini, kata dia, pihaknya juga belum menerima laporan warga yang membutuhkan air bersih. Jika ada, maka pihaknya akan langsung bergerak menindaklanjuti laporan tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan instansi terkait dan wilayah agar selalu monitor perkembangan di lapangan dan segera dilaporkan secepatnya agar dilakukan respons untuk mengatasinya," ujarnya

Seperti diberitakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya menyebutkan, puncak musim kemarau di DKI Jakarta diperkirakan terjadi hingga September 2019. Kondisi kemarau menimbulkan potensi terjadinya kemarau ekstrem di sejumlah wilayah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya