Putar Lagu Wali Kota Depok di Lampu Merah Tuai Kritik, Dianggap Aneh

Pantauan lalu lintas di kota Depok, Jawa Barat, melalui ruang kontrol.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Wacana pemutaran lagu yang dinyanyikan Wali Kota Depok di sejumlah lampu lalu lintas (traffic light) langsung mengundang kritik. Alih-alih ingin mengurangi tingkat stres pengguna jalan saat macet, kebijakan tersebut dipandang aneh.

DPRD Kota Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Wali Kota Tahun 2023

Demikian kritik dari pakar kebijakan publik Universitas Indonesia, Lisman Manurung. “Pertama, tujuannya apa dulu, agar pengendara itu patuh. Kalau menurut saya, itu kreatif. Tapi kalau birokrasi, di mana pun itu segala sesuatunya sudah teruji. Sebenarnya jalan itu di semua negara tidak perlu diedukasi. Traffic light itu sudah mengatur, artinya standar dunia,” kata Lisman, Rabu 17 Juli 2019.

Dia mengingatkan bahwa fungsi dasar lampu lalu lintas adalah mengatur dan memberi beban kepada siapa pun agar tidak melanggar. Karena itu, tidak ada hubungan dengan niat baik atau buruk membuat kebijakan dengan ketertiban lalu lintas.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

“Maksud saya, lampu merah itu sudah sistem digunakan untuk mengatur alur lalu lintas. Semua sudah dipatenkan. Kalaupun bakalan ada, suarakan untuk orang buta,” ujarnya.

Jika tujuan lainnya untuk menghibur, menurut Lisman, jangan sampai berseberangan. “Kalau ada bunyian enggak masalah, tapi difungsikan dengan baik. Contoh, untuk yang buta gimana kalau kebijakan nyanyian tersebut diikuti tanpa distabilkan dengan fasilitas.”

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Memutar lagu di lampu lalu lintas, menurut Lisman, bisa kontra-produktif. “Jadi ini kurang tepat maksudnya. Yang repot andaikan orang berhenti karena menikmati fasilitas tersebut. Jadi jangan bikin yang aneh,” lanjut dia.

Lisman berpendapat, pelayanan publik itu basisnya adalah kebijakan publik yang dibungkus pada aturan. Dia tak menolak inovasi atau kreasi, tetapi jangan sampai membuat kebijakan yang berisiko, misalnya, nanti malah orang menikmati lagunya, bukan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. “Baiknya bunyi peringatan yang lebih sederhana,” ujar dia. (ren)

Operasi penindakan praktik pungli parkir di Terminal Depok

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Empat orang diamankan diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli) di Terminal Terpadu Depok Baru. Keempat orang itu diamankan oleh Tim Saber Pungli pada Jumat, 19 Apr

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024