Lebaran Betawi 2019 Dimulai, Ribuan Warga Padati Monas

Lebaran Bewati di Monas, Jumat, 19 Juli 2019.
Sumber :
  • VIVA/ Fikri Halim.

VIVA - Lebaran Betawi 2019 atau yang ke-12 dimulai malam ini, Jumat, 19 Juli 2019. Ribuan warga pun mulai memadati lokasi acara yang digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Silang Monas tersebut.

Lebaran Betawi, Anies Dijuluki 'Gubernur Indonesia'

Pantauan VIVAnews di lokasi, sejumlah panggung rumah adat Betawi masih dirapikan. Hiasan dan ornamen khas Betawi pun mulai menghiasi kawasan monas.

Acara pun dimulai pada pukul 19.00 WIB yang dibuka dengan pembacaan doa dan syukur bersama Ustaz Nur Fadhillah. Pada malam pertama ini, acara juga akan diisi dengan Sohibul Hikayat atau sebuah sastra lesan Betawi yang berasal dari Timur Tengah.

Anies Ingatkan Monas Lokasi Warga Betawi Dukung RI Merdeka

Beberapa tokoh yang terpantau hadir di antaranya Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri, Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi, dan Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi Beky Mardani.

Tak hanya di Silang Monas, warga sudah ramai sejak di sekitar lokasi parkir IRTI. Di sana, berdiri panggung-panggung kecil dan beberapa komedi putar dan aneka wahana bermain untuk anak-anak.

Ada Lebaran Betawi, Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas 21 Juli

Lebaran Betawi 2019 ini diketahui merupakan acara yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Musyawarah Betawi. Acara tahunan ini digelar sebagai ajang silaturahmi antarwarga Jakarta yang kental dengan nuansa Betawi, setelah Lebaran Idul Fitri.

Kali ini, Lebaran Betawi mengusung tema "Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia". Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, mulai 19 hingga 21 Juli 2019.

Pada hari kedua akan dimulai dari pukul 08.00 WIB. Acara dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukan khas Betawi, seperti Tanjidor, Gambus, Marawis, Palang Pintu, Tarian Betawi, Atraksi Silat Betawi, Gambang Kromong, hingga Lenong.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan akan hadir pada hari ketiga. Anies akan mengikuti prosesi hantaran yang merupakan tradisi mengantarkan makanan dan minuman kepada yang dituakan. Dalam hal ini, prosesi hantaran dilakukan oleh para wali kota dan bupati kepada gubernur.

Pada tanggal 20 dan 21 Juli 2019, panitia Lebaran Betawi juga bekerja sama dengan PT Transjakarta menyediakan 5 ribu tiket gratis bagi para pengguna bus Transjakarta, dari seluruh wilayah DKI Jakarta yang akan menuju lokasi pelaksanaan Lebaran Betawi.

Wakil Ketua Umum I Bamus Betawi, M. Rifqi, mengatakan Lebaran Betawi merupakan spirit ajang silaturahmi dari pemerintah dengan warganya, dengan Masyarakat Betawi atau Bamus Betawi sebagai perekatnya.

"Maka melalui momentum ini kami ingin mengajak warga Jakarta agar dapat kembali bersatu dan berjabat tangan." ujar Rifqi dalam siaran persnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya