Ada Pemilik Alphard Daftar Rumah DP Rp0, Begini Respons Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menegaskan para pemohon kepemilikan rumah dengan DP Rp0 – yang merupakan program andalan DKI di bidang perumahan – haruslah sesuai kriteria yang ditetapkan. Kriteria tersebut, salah satunya, pemohon masih berpenghasilan rendah, antara Rp4 juta hingga Rp7 juta per bulan.

Firasat Murid SMK Depok Sebelum Kecelakaan di Ciater, Sopir Bus Ungkap Detik-detik Tragedi Maut

"Sudah disampaikan dalam sosialisasi, (pemohon yang disetujui) harus sesuai kriteria yang ada," ujar Anies usai menghadiri acara penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis 25 Juli 2019.

Dalam konferensi pers Rabu kemarin, 24 Juli 2019, Dinas Perumahan mengungkap sejumlah pemilik kendaraan mewah – mulai dari Alphard, Porsche, hingga Harley-Davidson –  turut mengajukan diri untuk memiliki rumah skema DP Rp0. Namun, Anies menyampaikan bahwa pihaknya selalu melakukan seleksi supaya program rumah DP Rp0 benar-benar untuk masyarakat yang memang berhak memiliki dan sesuai kriteria.

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

"Prosesnya ada untuk memastikan bahwa yang ikut program ini adalah sesuai dengan kriteria yang ada," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengemukakan program yang termasuk dalam salah satu janji kampanyenya dengan Sandiaga Uno saat Pilkada DKI 2017 itu hingga saat ini berjalan sesuai rencana. Anies pun meminta masyarakat yang ingin ikut serta agar mendatangi kantor-kantor instansi Pemerintah DKI.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

"Masyarakat yang berminat, bisa melihat langsung di website kita, atau langsung ke kantor, baik kantor Dinas Perumahan, maupun kantor-kantor Wali Kota, untuk mendapat informasi detil. Program ini akan terus kita kembangkan," ujar Anies.

Program rumah DP Rp0 – berupa rumah susun sederhana milik (rusunami) Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur – diminati banyak warga DKI, termasuk masyarakat yang sebenarnya dari golongan mampu. Kepala Unit Pengelola Teknis Dinas Perumahan DKI, Dzikran Kurniawan, memastkan tidak bakal meloloskan permohonan mereka, kecuali yang tidak mampu atau berpenghasilan rendah.

"Ada pendaftar yang memiliki kendaraan seperti Alphard, kemudian teridentifikasi memiliki kendaraan Alphard, Porsche warna merah, kemudian Porshe Boxster, dan ada yang memiliki motor Harley-Davidson. Jadi itu faktanya," ujar Dzikran di Balai Kota Jakarta, Rabu 24 Juli 2019. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya