Polusi Selama Kemarau, Anies: Kita Masih Saksikan seperti Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengungkapkan bahwa polusi udara di Jakarta yang terus parah beberapa waktu belakangan, akan terus seperti itu selama kemarau berlangsung.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Menurut Anies yang juga mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, kondisi iklim memang memberi pengaruh banyak atas kualitas udara di sebuah kota.

"Selama masih musim panas, kita akan masih menyaksikan (polusi udara) seperti ini," ujar Anies di Kolese Kanisius, Jakarta, Jumat, 26 Juli 2019.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Meski demikian, Anies enggan mengelaborasi lebih jauh. Ia berjanji akan menggelar konferensi pers di mana ia akan memberi penjelasan lengkap.

"Nanti saya akan jelaskan lebih lengkap lagi," tutur Anies.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Anies hanya menegaskan, warga Jakarta harus mengantisipasi kualitas udara yang belum berubah selama kemarau berlangsung. "Persis (kualitas udara sulit mengalami peningkatan)," ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah strategi akan diambil Pemprov DKI dalam menanggulangi kualitas udara yang buruk. Strategi itu misalnya pemasangan indikator-indikator polusi udara, mengganti kendaraan umum yang menghasilkan polusi tinggi, hingga penerapan kewajiban uji emisi untuk semua kendaraan di Jakarta.

Selain itu, DKI berencana memanfaatkan tanaman, berupa 'lidah mertua' untuk menyerap polutan-polutan di udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya