Pemilik Alphard Daftar Rumah DP Rp0, Anies: Banyak yang Berminat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • Pemprov DKI

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menyampaikan program rumah uang muka (down payment/DP) Rp0 merupakan program yang diminati warga Ibu Kota. Menurut dia, hal itu ditandai dengan membeludaknya warga yang ingin mendapatkan unit rumah DP Rp0 seperti kehadiran pemilik mobil mewah jenis Alphard.

Firasat Murid SMK Depok Sebelum Kecelakaan di Ciater, Sopir Bus Ungkap Detik-detik Tragedi Maut

"Itu (pemilik mobil mewah daftar program) diceritakan juga sebagai indikasi bahwa banyak ternyata yang berminat bukan? Banyak yang berminat begitu (dengan program rumah DP Rp0)," ujar Anies di Kolese Kanisius, Jakarta, Jumat, 26 Juli 2019.

Anies menyampaikan, Pemprov DKI dipastikan akan menyeleksi peserta program sesuai kriteria yang ditetapkan. Kriteria itu memastikan pemilik rumah DP Rp0 hanya masyarakat yang memang berhak memiliki.

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

"Nantinya akan di-review, sesuai dengan persyaratan," kata Anies.

Anies juga mengemukakan, adanya pemilik mobil mewah yang turut mendaftar menjadi peserta program bukan bentuk penyimpangan. Hal itu hanya menunjukkan bahwa peminat program yang juga merupakan salah satu janji kampanye Anies-Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017 itu begitu tinggi.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

"Banyak yang berminat, tapi bukan berarti lalu ada penyimpangan," ujar Anies.

Sebelumnya, rumah DP Rp0 berupa rumah susun sederhana milik Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, diminati banyak warga DKI, termasuk masyarakat yang sebenarnya mampu.

Menurut Kepala Unit Pengelola Teknis Dinas Perumahan DKI Dzikran Kurniawan, DKI dipastikan tidak meloloskan permohonan mereka.

"Ada pendaftar yang memiliki kendaraan seperti Alphard, kemudian teridentifikasi memiliki kendaraan Alphard, Porsche warna merah, kemudian Porshe Boxster, dan ada yang memiliki motor Harley-Davidson. Jadi itu faktanya," ujar Dzikran di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya