Anies Baswedan Sampaikan Duka atas Wafatnya Sejarawan Adolf Heuken

Anies Baswedan melayat Pastor Adolf Heuken
Sumber :
  • VIVA/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan duka cita atas wafatnya Pastor Adolf Heuken SJ. Menurut mantan Mendikbud ini, Adolf yang tak lain adalah seorang sejarawan Jakarta memiliki jasa yang besar dalam turut memperkenalkan ibu kota Indonesia kepada dunia.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta, kami menyampaikan turut berbelasungkawa," ujar Anies usai melayat almarhum di Kolese Kanisius, Jakarta, Jumat, 26 Juli 2019.

Adapun salah satu karya almarhum adalah buku berjudul "Historical Sites of Jakarta". Anies menyampaikan, buku itu merupakan standar oleh-oleh bagi wisatawan asing yang datang ke Jakarta.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

"Bukunya tentang Historical Sites of Jakarta itu buku standar oleh-oleh," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, selaku kepala daerah Jakarta, ia bersyukur Adolf banyak mengenalkan Jakarta kepada dunia. Adolf lahir di Jerman pada 17 Juli 1929 serta meninggal dunia di Jakarta Kamis malam, 25 Juli 2019.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

"Sebagai jendela, Beliau berjasa sekali. Dunia tahu tentang Jakarta, sejarah Jakarta, dari Beliau," ujar Anies.

Selain buku "Historical Sites of Jakarta", Adolf Heuken juga telah menulis buku "Mesjid-mesjid Tua di Jakarta", "Menteng 'Kota Taman' Pertama di Indonesia" dan "Sumber-sumber Asli Sejarah Jakarta Jilid I dan Jilid II". [mus]

Ilustrasi masa perang kemerdekaan RI.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Berikut adalah gambaran jika Indonesia tak pernah dijajah dan skenario yang mungkin terjadi pada bangsa kita. Pemaparan ini dipaparkan oleh Sejarawan Unas Andi Achdian.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024