Kali Bahagia Kering, Jadi Tumpukan Sampah

Sampah di Kali Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.
Sumber :
  • VIVA/ Dani.

VIVA - Dinas Kebersihan Pemerintah Kabupaten Bekasi menyebut kondisi Kali Bahagia saat ini lebarannya hanya 22 meter. Sedangkan ketebalan sampah sudah mencapai 25 sentimer. Akibatnya, kondisi kali sudah mengering.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

“Lebar kali sisa 22 meter. Di samping kiri kanan bangunannya dipenuhi bangunan rumah penduduk,” kata Kabid Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto, Senin, 28 Juli 2019.

Dodi menambahkan, instansinya masih menunggu instruksi dari dinas yang berwenang dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Beksi. Sebab, domain normalisasi kali bukan menjadi kewenangannya.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

“Kami siap kapan pun ditugaskan. Hanya saja domain ini bukan kami,” katanya.

Sebab, menurut Dodi, butuh kendaraan alat berat untuk bisa membersihkan seluruh sampah yang ada di Kali Bahagia. Dia mencontohkan, untuk pembersihan Kali Pisang Batu beberapa bulan yang lalu saja membutuhkan waktu lama meski sudah dikerahkan dua beko.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

“Tidak mungkin mengandalkan tenaga untuk membersihkan banyaknya sampah,” katanya.

Menurut dia, Kali Bahagia hilirnya adalah Kali CBL yang menuju laut Marunda. Sehingga, bila kondisinya tidak segera tertangani dikhawatirkan bisa berdampak ke aliran kali lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tumpukan sampah di RT 13 RW 11, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi tercecer sampai 1 kilometer di atas Kali Bahagia. Seluruh sampah yang mengendap di atas air itu kebanyakan sampah jenis rumah tangga. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya