Atasi Masalah Sampah Jakarta, Anies Susun Roadmap

Lalu lalang truk-truk sampah di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Irwandi

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyusun roadmap atau peta jalan untuk mengatasi persoalan sampah di Ibu Kota. Menurut Anies, roadmap akan menjadi solusi atas persoalan sampah yang dinilai pengelolaannya tidak baik di Jakarta.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

"Nanti sesudah roadmap pengelolaan sampah selesai, sekaligus kita laksanakan (upaya menanggulangi masalah sampah)," ujar Anies di Taman Suropati Jakarta, Rabu 31 Juli 2019.

Anies menyampaikan, persoalan sampah di Jakarta merupakan masalah turun temurun. Jakarta
sejak dulu sekadar membuang sampah ke TPST Bantar Gebang Bekasi, hingga membuat kapasitasnya hampir meluap. "(Masalah sampah) yang saya terima saat ini adalah, kenyataan yang ada sejak kemarin," ujar Anies.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, alih-alih sekadar membuang, roadmap itu akan mengatur pengelolaan sampah sejak di sumbernya atau penduduk Jakarta. Peta jalan tersebut sekaligus mengatur tentang sampah plastik yang belakangan sedang digalakkan pengurangannya oleh pemerintah.

"Nanti ada pengurangan di sumber (sampah). Yang paling penting, kalau soal sampah ini adalah jangan seperti sekarang," ujar Anies.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Sebelumnya, persoalan sampah di Jakarta menjadi sorotan, termasuk DPRD DKI yang sempat melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Jawa Timur. 

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus bahkan sempat menyatakan ingin memboyong Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ke Jakarta untuk menyelesaikan masalah sampah. (ren)
 

Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan rencana pertemuan dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto masih menunggu waktu yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024