Listrik Kembali Menyala di Sebagian Jakarta dan Tangsel

Ilustrasi pasokan listrik.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Listrik di sejumlah daerah Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan mulai kembali menyala.  Sebagian wilayah seperti Bintaro, Ciputat, Lebak Bulus, sepanjang TB Simatupang, Pondok Indah, lampu-lampunya sudah mulai menyala, Minggu malam, 4 Agustus 2019.

Gegara Listrik Padam, 3 Pegawai Pemkab Brebes Panik Terjebak Dalam Lift 45 Menit 

Pantauan vivanews, idupnya listrik diawali dari lampu-lampu penerangan jalan raya ataupun Pasilitas Umum di jalan-jalan pemukiman warga sekitar Pukul 20.45 WIB. Begitupun, wilayah Jakarta Timur seperti Kelurahan Batu Ampar, Bale Kambang, hingga Cawang.

Lampu-lampu rumah warga di sebagian pemukian tersebut mulai tampak menyala. Aktivitas warung-warung pemukiman dan toko-toko modern juga sudah sebagain mulai kembali normal.

Panas Bangladesh Hingga 41 Derajat Celcius, Sekolah Minggu Ini Ditutup

Di sejumlah lokasi, mesin-mesin ATM, seperti di daerah-daerah perbatasan antara Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan juga sebagiannya sudah mulai hidup kembali.

Sebelumnya, Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan soal pemadaman listrik di sejumlah wilayah di Jakarta?. Dia menyebut hal ini karena adanya gangguan pada gas turbin 1 sampai enam di Suralaya.

Sederet Kisah Perjuangan Tiko, Mulai dari Merawat Ibu yang Depresi hingga Hidup Tanpa Listrik

Selain itu, dijelaskan Made, gangguan juga terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon. Alhasil, kata dia, menyebabkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

Made mengatakan, terkait pemadaman listrik di wilayah lainnya, termasuk Jabar disebabkan gangguan transmisi Sutet 500 KV. Area yang terdampak listrik padam antara lain Bekasi, Bandung Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor serta Tasikmalaya.

Made menambahkan, sejumlah perbaikan yang sudah dilakukan antara lain dengan pengamanan GSW yang putus dan penyalaan kembali gas turbin di Suralaya. PLN kata dia, juga akan melakukan scanning assesmen kondisi GSW yang sejenis.

"Kami memohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan lakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," kata Made.

Kemudian, berdasarkan penulusuran vivanews di sejumlah wilayah, masih belum terlihat aliran listrik. Salah satunya wilayah Kelurahan Cirendeu, Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, juga masih belum terlihat adanya aliran listrik.

Tak hanya itu, sebagian daerah kawasan Ciputat kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, hingga daerah pasar Ciputat masih terlihat padam belum ada aliran listrik.

Selanjutnya, dari Ciputat hingga sebagian daerah Pamulang, kawasan kampus Universitas Pamulang pun aliran listrik masih belum merata nyala ke rumah warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya