Sidak Cerobong Asap Penyumbang Polisi Udara Jakarta, Begini Kondisinya

Cerobong asap di pabrik peleburan baja PT Hong Xin Steel Cakung Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa pabrik industri di Jakarta Timur. Mereka juga melakukan pengukuran langsung terhadap cerobong asap di PT Hong Xin Steel yang berlokasi di Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur pada hari Kamis, 8 Agustus 2019. 

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

“Kalau di sini kita lakukan pengukuran langsung di cerobongnya untuk mengetahui ketaatan yang bersangkutan terhadap batas baku mutu emisi untuk industri ini,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih, di lokasi, Kamis 8 Agustus 2019.

Andono menjelaskan, pabrik ini sudah diperingatkan sebelumnya dan akan di cek oleh tim terakreditasi dari dinas lingkungan hidup bagaimana batas baku mutu emisinya. 

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

“Rekan-rekan bisa lihat petugas laboratorium lingkungan yang terakreditasi sudah mempersiapkan diri dan mengambil sampling untuk mengukur emisi dari kegiatan industri ini,” ucapnya. 

Dari hasil lab tersebut, akan ketahui bagaimana ketaatan PT Hong Xin Steel terhadap teguran sebelumnya.

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

Menurutnya, kegiatan ini semua dilakukan dalam rangka dinas lingkungan hidup menindaklanjuti instruksi gubernur provinsi DKI Jakarta No. 66 tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara.

“Sehingga pada saat ini kita sudah langsung melakukan di poin 5 dari instruksi gubernur menginstruksikan kepada dinas lingkungan hidup untuk melakukan inspeksi kepada cerobong industri aktif di DKI Jakarta, sehingga ini merupakan salah satu dari tindak lanjut dinas lingkungan hidup,” ucap Andono.

Dia berharap agar cerobong pabrik bisa lebih bersih supaya kualitas udara Jakarta bisa lebih baik lagi.

“Harapannya adalah ini merupakan upaya paksa dari dinas lingkungan hidup kepada cerobong-cerobong pabrik agar cerobong pabriknya bisa lebih bersih lagi, taat dan memenuhi baku mutu, supaya kualitas udara Jakarta bisa lebih baik lagi ke depan untuk masyarakat Jakarta lebih sehat,” katanya. (ren)

Laporan: Aura Syifa Katarsis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya