10 Kilogram Sabu Diselundupkan Lewat Plastik Teh Tiongkok

Penyelundup sabu jaringan Malaysia-Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Sebanyak 10 kilogram sabu jaringan Malaysia-Jakarta berhasil diamankan polisi. Sabu dibungkus dalam plastik teh Tiongkok yang diselundupkan lewat jalur laut dengan kapal boat.

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Tujuh orang pelaku diciduk dalam kasus ini. Ketujuhnya adalah EN alias Nando, BDT alias Bedot, HND, BCK alias Bucek, BBR alias Bibir, PN alias Pian, JG alias Jono. 

"Penangkapan dilakukan saat kapal laut KM Salvia bersandar. Mula-mula kita tangkap BDT dan HND di Terminal Operasi 2 Kade 109, Jalan Raya Pelabuhan, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Rabu, 10 Juli 2019 pukul 22.00 WIB," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis 8 Agustus 2019. 

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Pihaknya mengantongi informasi pada Selasa, 9 Juli 2019 BDT dan HND akan membawa narkotika jenis sabu ke Jakarta memakai kapal KM Salvia tujuan Tanjung Priok. Lalu, tersangka Nando akan menyusul ke Jakarta naik pesawat. 

Sebenarnya, saat hari penangkapan BDT dan HND mau dijemput tersangka Nando dan BCK, tapi mereka lebih dulu ditangkap petugas. Barulah setelahnya Nando dan BCK diciduk di depan Indomaret di Jalan Yos Sudarso.

Ceramahnya Dituding Sindir Rhoma Irama, Ini Klarifikasi Umi Laila

"Ditemukan 10 bungkus narkotika jenis sabu seberat 10 ribu gram," kata dia. . 

Dalam pengembangan, polisi menciduk lagi tiga tersangka yang tak lain adalah BBR, PN, dan JG. ketiganya diamankan di Jalan Niaga Hijau VII RT 06 RW 17 Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis, 11 Juli 2019 pukul 12.20 WIB.

Akibat perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) junto Pasal 132 ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Mereka terancam hukuman pidana mati, penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya