Anies Ungkap Jokowi Nilai Formula E Penting bagi RI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan, ajang balapan mobil listrik Formula E, yang direncanakan di Jakarta pada 2020, merupakan kegiatan yang juga penting hingga tingkat nasional. 

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dengan dia di Istana Negara, Jakarta, Selasa siang, 13 Agustus 2019.

"Tadi betul, saya bertemu dengan Pak Presiden, melaporkan tentang rencana penyelenggaraan Formula E, dan beliau memberikan dukungan, karena (acara) penting sekali buat Indonesia," ujar Anies di Halte Bus Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Anies menyampaikan, Jokowi memiliki pandangan bahwa Formula E di Jakarta, memiliki efek langsung, juga tidak langsung. Efek langsung (tangible) yaitu bergeraknya ekonomi Ibu Kota di kisaran Rp1,2 triliun.

"Dia (Formula E) menggerakkan perekonomian, karena meskipun penyelenggaraan itu tentu ada biaya. Tetapi, pergerakan perekonomiannya dalam proyeksi konservatif saja, itu diperkirakan Rp1,2 triliun," ujar Anies.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

Selain itu, Anies mengemukakan, Jokowi menilai ada efek tidak langsung atau 'non-tangible' berupa tereksposnya Jakarta, atau secara umum Indonesia di dunia internasional. 

Hal itu diyakini, akan menjadi magnet juga untuk turis-turis asing semakin berdatangan ke Indonesia.
"Non-tangible itu adalah Indonesia tereskpos di dunia internasional. Jakarta terekspos sebagai promosi untuk mengundang lebih banyak orang ke Indonesia," ujar Anies 

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019. Salah satu yang menjadi pembicaraan adalah balapan Formula E yang rencananya dihelat di Jakarta. 

Anies menjabarkan kepada Jokowi, terkait balapan Formula E itu. Termasuk, dampak-dampak positifnya bagi masyarakat Jakarta dalam perekonomiannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya