Fakta Aulia Kesuma, Wanita Sadis Pembunuh Suami dan Anak Tirinya

Aulia Kesuma (seragam biru)
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Pembunuhan sadis dilakukan oleh seorang wanita muda bernama Aulia Kesuma terhadap suaminya, Edi Chandra Purnama atau Pupung Sadili dan anak tirinya, M Adi Pradana. Kedua korban dibunuh di rumahnya, kemudian dibakar di dalam mobil di kawasan Sukabumi pada Minggu siang, 25 Agustus 2019.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Dikutip dari VIVAnews, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menjelaskan kronologi pembunuhan tersebut. Dia bilang, Aulia sebagai otak pembunuhan itu menyewa pembunuh bayaran asal Lampung, yang dikenalkan oleh mantan pekerja rumah tangganya.

Berdasarkan laporan penyelidikan kepolisian, setidaknya ada empat orang yang disewa dengan iming-iming bayaran sampai Rp500 juta untuk menghabisi nyawa Edi dan Adi. Aulia juga meminta bantuan seorang pria yang diaku anaknya, bernama Kevin untuk menghabisi suami dan anak tirinya.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Setelah keduanya meninggal dunia, jasadnya diangkut ke dalam mobil dan dibawa ke Sukabumi. Sampai di bahu jalan Cidahu-Parakansalak, Sukabumi, Aulia dan Kevin memutuskan membakar jasad tersebut dalam upaya menghilangkan jejak.  

Polisi yang menangani kasus ini curiga dan menemukan indikasi adanya pembunuhan. Hingga sehari setelahnya atau Senin, 26 Agustus 2019, Aulia berhasil dibekuk di Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan dan Kevin dan menjalani perawatan luka bakar di RS Pusat Pertamina. Sedangkan dua eksekutor bayaran yang disewa Aulia, beinisial A dan S sudah berhasil ditangkap polisi, dua lainnya dalam pengejaran polisi.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Soal siapa Aulia yang tega menghabisi suami suami dan anak tirinya, berikut ini beberapa faktanya, diolah dari sejumlah sumber, termasuk akunnya di media sosial.

Istri muda

Aulia merupakan istri muda Edi Chandra. Sebelumnya, Edi telah menikah dan memiliki anak bernama M Adi Pradana yang saat ini berusia 23 tahun. Adi bersama ayahnya menjadi korban pembunuhan orang bayaran Aulia.

Selisih usia

Aulia dan Edi punya selisih usia yang terpaut jauh, hampir 20 tahun. Edi Chandra berusia 54 tahun, sedangkan Aulia baru 35 tahun. Dari pernikahan dengan Edi, mereka dikaruniai seorang putri yang lahir pada 2015 lalu.

Wanita karier

Dalam akunnya di media sosial, Aulia menulis bekerja sebagai Financial Coordinator di PT Bangun Energy Resources sejak 2011. Sementara itu, dia juga menulis pernah mengenyam pendidikan di jurusan Sekretaris di Saint Mary Jakarta.

Terlilit utang

Alasan Aulia melakukan perbuatan keji terhadap suami dan putranya karena terlilit utang. Dia pernah meminta Edi menjual rumahnya untuk membantunya membayar utang, namun hal itu ditolak mentah-mentah karena Edi ingin mewarisi rumah tersebut untuk putra kandungnya, Adi.

Bahkan, Edi juga sempat mengancam Aulia akan membunuhnya jika berani menjual rumah tersebut. Karena kesal, akhirnya Aulia memilih jalan pintas, dia menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi suami dan ahli warisnya demi bisa menguasai hartanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya